Pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Dividend Yield (DY) melalui Return on Equity (ROE) Sebagai Variabel Intervening pada perusahaan sub sektor properti dan Real Estate yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Husnun, Azizah (2024) Pengaruh Current Ratio (CR) terhadap Dividend Yield (DY) melalui Return on Equity (ROE) Sebagai Variabel Intervening pada perusahaan sub sektor properti dan Real Estate yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesenjangan antara teori Current Ratio, Return on Equity, dan Dividend Yield dengan fakta di lapangan karena faktor eksternal dan internal yang tidak terduga. Teori mengasumsikan kondisi ideal di mana hubungan antara rasio-rasio ini jelas dan konsisten. Faktanya, variabilitas pasar, perubahan regulasi, manajemen yang kurang efektif, serta situasi ekonomi global dapat menyebabkan perbedaan signifikan. Perusahaan dengan Current Ratio tinggi belum tentu memiliki Return on Equity dan Dividend Yield tinggi jika aset lancar tidak produktif. Sebaliknya, perusahaan dengan Current Ratio rendah mungkin tetap menghasilkan Return on Equity dan Dividend Yield tinggi jika mampu mengelola sumber daya secara efisien dan memaksimalkan keuntungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Current Ratio terhadap Return on Equity, (2) Pengaruh Current Ratio terhadap Dividend Yield, (3) Pengaruh Return on Equity terhadap Dividend Yield, dan (4)Pengaruh Current Ratio terhadap Dividend Yield melalui Return on Equity sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor Properti dan Real Estate yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data panel dengan kurun waktu 10 tahun (2013 - 2022). Data didapat dari laporan keuangan resmi yang tersedia pada website perusahaan. Metode analisis yang diterapkan mencakup analisis deskriptif, analisis regresi data panel, uji signifikansi parsial (uji t), koefisien determinasi, dan uji Sobel dengan menggunakan bantuan aplikasi Econometric Views (Eviews) versi 12. Hasil temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1) Secara parsial Current Ratio terdapat pengaruh signifikan terhadap Return on Equity dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 40,62%, sedangkan 59,38% sisanya dijelaskan oleh faktor lain, (2) Current Ratio dan Return on Equity secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Dividend Yield dengan total nilai Koefisien Determinasi secara bersama-sama sebesar 5,73%, sedangkan 94,27% sisanya dijelaskan oleh faktor lain, dan (3) Current Ratio tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Dividend Yield melalui Return on Equity sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor Properti dan Real Estate yang Tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022. Dalam Manajemen Keuangan Syariah, Current Ratio tidak selalu mencerminkan nilai etis, sehingga pengaruhnya terhadap Return on Equity kurang relevan. Sebaliknya, pengaruh Current Ratio terhadap Dividend Yield sesuai dengan prinsip syariah karena menunjukkan likuiditas tinggi tanpa riba. Selain itu, pengaruh Return on Equity terhadap Dividend Yield juga relevan karena mencerminkan profitabilitas yang adil dan transparan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Dividend Yield (DY); Return on Equity (ROE)
Subjects: Econmics > Econometric
Financial Economics, Finance > Investment
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Azizah Husnun
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:21
Last Modified: 08 Jul 2024 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90414

Actions (login required)

View Item View Item