Sari, Amalia Purnama (2024) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah wilayah kota Bandung III Soekarno Hatta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (8).pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
Abstract
Hingga 70% dari total pendapatan di Indonesia berasal dari sektor perpajakan. Kesadaran mengenai kewajiban dan hak perpajakan sangat penting bagi wajib pajak hal itu untuk mengoptimalkan penerimaan pajak. Salah satu kewajiban perpajakan adalah pajak kendaraan bermotor yang dikelola daerah. Berdasarkan data, permasalahan yang terjadi saat ini ialah meskipun jumlah kendaraan bermotor bahwa Di kota Bandung tercatat adanya penambahan jumlah kendaraan bermotor dalam 3 tahun terakhir, namun jumlah KTMDU dan KBMDU masih tinggi, sehingga menyebabkan adanya fluktuasi dalam 5 tahun terakhir terkait wajib pajak yang membayar pajak kendaraannya. Pelayanan administrasi perpajakan, memiliki keterkaitan sejauh mana terpenuhinya kewajiban perpajakan Oleh karena itu, memberikan pelayanan terbaik dianggap sebagai salah satu elemen kunci dalam meningkatkan penerimaan pajak. Idealnya kualitas layanan jika harapan pengguna terpenuhi, dimana layanan yang diberikan baik dan memuaskan mereka menerima pelayanan sesuai dengan harapan mereka. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 untuk mengumpulkan data, menganalisisnya menggunakan SPSS, dan menguji hasilnya menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk memastikan apakah kualitas pelayanan berdampak pada kepatuhan wajib pajak di PPPD III Kota Bandung. Teori Zheitaml mendefinisikan variabel kualitas pelayanan dan mencakup beberapa indikasi, termasuk tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Selain itu, kepatuhan pajak menerapkan teori Nurmatu dengan indikator kepatuhan formal dan material. Berdasarkan hasil penelitian, dimensi tangibel berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05. Dimensi reliability berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.005<0.05. Dimensi responssiveness berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.003<0.05. Dimensi assurance berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.034 < 0.05. Dimensi emphaty berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.012< 0.05. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara simultan dterhadap kualitas pelayanan dengan nilai signifikansi (0.002<0.005) Hal ini mengindikasikan pengaruh yang signifikan terdapat pada variabel yang berkaitan dengan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di PPPD III Kota Bandung
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan; pajak kendaraan bermotor; kepatuhan wajib pajak |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Amalia Purnama Sari |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90435 |
Actions (login required)
View Item |