Hubungan intensitas penggunaan media sosial Youtube dengan minat membaca Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran

Lestari, Mira Bayu (2024) Hubungan intensitas penggunaan media sosial Youtube dengan minat membaca Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat menghambat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan. Untuk mengatasi hal ini, guru berupaya memanfaatkan teknologi, khususnya platform YouTube, sebagai media pembelajaran. Dengan meningkatkan intensitas membaca Al-Qur’an melalui video YouTube, diharapkan siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam meningkatkan frekuensi dan kualitas membaca Al-Qur’an. Penggunaan teknologi ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan. Oleh karena itu, permasalahan ini menarik untuk diteliti lebih lanjut guna menemukan strategi efektif dalam mengintegrasikan teknologi dengan pembelajaran Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas intensitas penggunaan media sosial YouTube pada siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran. 2) Realitas minat membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran. 3) Sejauh mana hubungan antara intensitas penggunaan media sosial YouTube dengan minat membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial YouTube dengan minat membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik intensitas penggunaan media sosial YouTube, maka semakin baik pula minat membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas VII di SMPN 2 Banjaran berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Realitas intensitas penggunaan media sosial YouTube siswa di SMPN 2 Banjaran termasuk ke dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata 3,73 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Realitas minat membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran termasuk ke dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata 3,72 yang berada pada interval 3,40-4,19. 3) Hubungan intensitas penggunaan media sosial YouTube dengan minat membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 2 Banjaran termasuk ke dalam kategori korelasi rendah dengan nilai rata-rata 0,25 yang berada pada interval 0,2-0,39. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 6,25% dan sisanya 93,75% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil Uji Hipotesis thitung 1,60 < ttable 2,02. Oleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; media sosial YouTube; minat membaca Al-Qur’an
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mira Bayu Lestari
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:35
Last Modified: 08 Jul 2024 04:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90476

Actions (login required)

View Item View Item