Perkembangan Pesantren Riyadlul 'Ulum Wadda'wah Condong Tasikmalaya 1986-2014

Deswita, Dina Awaliah (2024) Perkembangan Pesantren Riyadlul 'Ulum Wadda'wah Condong Tasikmalaya 1986-2014. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren Riyadlul 'Ulum Wadda'wah Condong tahun 1990 mengubah sistem pendidikan tradisional menjadi pendidikan modern dengan didasari perkembangan zaman yang semakin hari semakin modern dalam bidang pendidikan. pihak pesantren memiliki cara agar pendidikan pesantren tidak tergerus zaman pihak pesantren menggabungkan sistem pendidikan Modern tanpa mengubah pilar-pilar keteradisionalannya. Bedasarkan latar belakang diatas, penelitian terdiri dari dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana Kondisi Sosial Kultural Desa Setianegara Kecamatan Cibeureum Tasikmalaya, Bagaimana Transformasi Sistem Kurikulum Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong 1986-2014, Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kondisi Sosial Kultural Desa Setianegara Kecamatan Cibeureum Tasikmalaya, transformasi Sistem Kurikulum Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong 1986-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, yaitu dengan cara merekontruksi perisitiwa yang telah ada, dengan melakukan empat tahapan, yaitu: Heuristik, Kritik, Interpetasi, dan Historiografi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pendidikan pesantren mendapatkan dampak dengan seiring perkembangan zaman. Pesantren Riyadlul ‘Ulum wadda’wah Condong menjadi salah satu pondok yang mendapatkan dampak dari perkembangan zaman dalam Kurikulum, tanpa menghilangkan identitas pesantren yang melekat dalam pembelajaran keteradisionalan. Pesantren Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong mengubah kurikulum pembelajaran salafi menjadi modern, pihak pesantren memiliki tantangan tersendiri dari internal dengan banyaknya yang tidak menyetujui pihak pondok untuk menggabungkan pendidikan salafi, modern Gontor, dan pendidikan umum menjadi Kurikulum Terpadu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Riyadlul Wadda'wah Condong; Perkembangan; Kurikulum
Subjects: Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dina Awaliah Deswita
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:13
Last Modified: 08 Jul 2024 06:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90506

Actions (login required)

View Item View Item