Fauzi, Safran (2024) Peran Native Speaker dalam lingkungan berbahasa Arab: Studi kasus di Madrasah Aliyah Minhajul Haq Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ Cover.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text (BAB IV)
7_ BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
||
Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
Abstract
Kontribusi dan kepentingan penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab di lingkungan sekolah. khususnya di pesantren-pesantren mampu menciptakan lingkungan berbahasa Arab serta memberikan arahan dan bimbingan untuk peserta didik ataupun pendidik dengan kehadiran penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dan menjadikannya sebagai rujukan dalam permasalahan bahasa Arab. Adapun penelitian ini bertujuan rumusan masalah yaitu; bagaimana kontribusi penutur asli berbahasa Arab (native speaker), apasaja kesulitan yang dirasakan oleh peserta didik dan penutur asli berbahasa Arab (native speaker), bagaimana respon dan pandangan para peserta didik dengan kehadiran penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dengan kontribusinya dari aspek kosakata Arab, keterampilan berbicara dan menulis. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan langkah observasi, interview, angket dan dokumentasi. Locus dari penelitian bertempat di Madrasah Aliyah Minhajul Haq. Hasil dari penelitian bahwa penutur asli berbahasa Arab (native speaker) merupukan salah satu faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata Arab (mufrodat), keterampilan berbicara dan menulis, khususnya di Madrasah Minhajul Haq, hal ini terbukti dari hasil kuesioner yang digunakan dengan sampling random terdapat peningkatan dari sample yang menyatakan setuju dengan yang tidak setuju. Hasil kuesioner di Madrasah Aliyah Minhajulhaq menunjukkan urgensi penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dengan persentase jumlah sangat setuju (SS) mencapai 44% dibandingkan dengan tidak setuju (TS) 23%, dan sangat tidak setuju (STS) 7%, adapun kontribusi penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dari aspek penguasaan kosakata Arab dengan persentase jumlah yang sangat setuju (SS) mencapai 38% dibandingkan dengan jumlah tidak setuju (TS) mencapai 28% dan sangat sangat tidak setuju (STS) 14 %, kemudian kontribusi penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dari aspek penguasaan keterampilan berbicara dengan persentase jumlah sangat setuju (SS) mencapai 46% dibandingkan dengan jumlah tidak setuju (TS) mencapai 26% dan dan sangat sangat tidak setuju (STS) 8%, kemudian kontribusi penutur asli berbahasa Arab (native speaker) dari aspek penguasaan keterampilan menulis dengan persentase jumlah sangat setuju (SS) mencapai 48% dibandingkan dengan jumlah tidak setuju (TS) mencapai 29% dan dan sangat sangat tidak setuju (STS) 8%. Penelitian ini mampu menjadi rekomendasi untuk para peneliti dalam menghadirkan penutur asli berbahasa Arab (native speaker) untuk menciptakan lingkungan bahasa Arab di sekolah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi; Lingkungan Berbahasa Arab; Penutur Asli |
Subjects: | Arabic Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fauzi Safran |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 08:30 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 08:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90534 |
Actions (login required)
View Item |