Hubungan penggunaan Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi Followers: Penelitian pada mahasiswa Jurnalistik Uin Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021

Mulyaningrum, Vionisya Citra (2024) Hubungan penggunaan Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi Followers: Penelitian pada mahasiswa Jurnalistik Uin Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi saat ini juga semakin berkembang terutama di era globalisasi ini. Salah satu perkembangan teknologi dalam penyebaran informasi yaitu melalui sosial media atau media sosial. Media sosial atau media online merupakan sebuah tempat dimana bagi yang menggunakannya dapat saling berkomunikasi, berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dimana berfokus pada khalayak yang memiliki peranan aktif dalam memilah media dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Metode yang digunakan metode survei, dimana peneliti menggunakan kuesioner berdasarkan penelitian yang dibagikan kepada suatu populasi yang telah ditentukan. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan pertanyaan atau pernyataan secara tertulis kepada responden agar dijawabnya. Metode survei juga perlu untuk memberikan penjabaran data secara lengkap dan merinci, serta untuk mengukur sejauh mana objek tersebut berpengaruh pada penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers; (2) terdapat hubungan antara isi media tokoh BTS terhadap penggunaan media sosial Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers. Secara keseluruhan terdapat hubungan penggunaan Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan penggunaan Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers. Dengan menggunakan teori Uses and Gratification, penggunaan diteliti dengan intensitas dan isi media tokoh BTS pada penggunaan Instagram CoppaMagz. Berdasarkan data dan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa terdapat hubungan penggunaan Instagram CoppaMagz dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan; Instagram; CoppaMagz; Pemenuhan Kebutuhan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: vio Mulyaningrum
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:03
Last Modified: 10 Jul 2024 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90656

Actions (login required)

View Item View Item