Nabila, Salwa Halin (2024) Peran sekolah dalam mengatasi kenakalan siswa : Studi deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover Download (95kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak Download (87kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi Download (170kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1 Download (330kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2 Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text (BAB III)
6_bab3 Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text (BAB IV)
7_bab4 Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text (BAB V)
8_bab5 Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text (DAFTAR PUUSTAKA)
9_daftarpustaka Restricted to Registered users only Download (225kB) |
Abstract
MAN 1 Bekasi sebagai pendidikan lembaga islam yang mampu mewadahi siswa menjadi manusia yang beriman kepada Allah SWT, berkarakter, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani. Namun siswa dalam tahap peralihan dan perkembangannya dari masa remaja ke masa dewasa sering kali mengalami perubahan perilaku yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Siswa yang melakukan kenakalan-kenakalan dapat menyebabkan terganggunya ketertiban sekolah dan proses belajar mengajar di kelas. Kenakalan siswa menjadi salah satu permasalahan sosial yang harus diperhatikan oleh banyak pihak agar siswa tidak dapat terjerumus kepada perilaku kejahatan. Berdasarkan persoalan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah: (1) menemukan bentuk-bentuk kenakalan siswa yang dilakukan di MAN 1 Bekasi. (2) mengidentifikasi faktor penyebab siswa melakukan kenakalan di MAN 1 Bekasi dari faktor internal dan eksternal. (3) mengetahui peran sekolah dalam berupaya untuk mengatasi kenakalan siswa di MAN 1 Bekasi melalui Upaya WAKAMAD Kurikulum, WAKAMAD Kesiswaan, Guru Bimbingan Konseling, Guru Akidah akhlak dan Guru Sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini bertempatan di MAN 1 Bekasi Jl. Ki Hajar Dewantara No. 43B, Karangasih, Kec. Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Objek penelitian ini sebanyak dua puluh satu orang yang terdiri dari WAKAMAD Kurikulum, WAKAMAD Kesiswaan, Guru bimbingan Konseling, Guru Akidah akhlak, Guru Sosiologi dan Siswa MAN 1 Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan teori Interaksionisme Simbolik George Herbet Mead bahwa bahasa dalam proses interaksi sosial menghasilkan simbol yang memberikan makna dan nilai tersendiri sebagai respon individu dalam bertindak yang prosesnya berasal dari Mind (Pikiran), Self (Diri), dan Society (Masyarakat). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh siswa di MAN 1 Bekasi yaitu, siswa berpakaian tidak sesuai dengan peraturan, siswa bolos sekolah dam Pelajaran, siswa merokok, siswa pacara berlebihan dan siswa mengkonsumsi obat psikotoprika. (2) Siswa melakukan kenakalan karena kontrol diri yang kurang, menurunnya motivasi, keluarga yang tidak harmonis, pergaulan bebas, dan kecanduan bermain smartphone. (3) Peran sekolah MAN 1 Bekasi dalam mengatasi kenakalan siswa meliputi, pendekatan preventif, memberikan peringatan, melakukan razia, memberikan SP 1,2 dan 3 dan siswa mengundurkan diri atau di DO (Drop Out) dari sekolah MAN 1 Bekasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Sekolah; Kenakalan; Guru dan Siswa MAN 1 Bekasi; |
Subjects: | Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | salwa halin nabila |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:42 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90739 |
Actions (login required)
View Item |