Pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program pelatihan vokasional: Studi di Sentra Terpadu Inten Soeweno, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor

Rahmatina, Tri (2024) Pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program pelatihan vokasional: Studi di Sentra Terpadu Inten Soeweno, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sampai sekarang ini masyarakat seringkali memberikan stigma negatif kepada penyandang disabilitas, mereka seringkali dipandang sebagai orang lemah atau tidak mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang pada umumnya, sehingga menyebabkan mereka menjadi termaginalkan di masyarakat. Selain itu, penyandang disabilitas juga seringkali menghadapi tantangan dalam mengakses pendidikan, pelatihan dan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu diperlukan pemberdayaan penyandang disabilitas melalui pelatihan vokasional, salah satu lembaga yang menyelenggarakan pelatihan vokasional adalah Sentra Terpadu Inten Soeweno. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi umum Sentra Terpadu Inten Soeweno dalam memberdayakan penyandang disabilitas, untuk memahami bentuk pemberdayaan penyandang disabilitas yang dilakukan Sentra Terpadu Inten Soeweno serta mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Sentra Terpadu Inten Soeweno dalam memberdayakan penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial yang digagas oleh Max Weber, untuk mengidentifikasi bagaimana motif dan tujuan yang dilakukan oleh Sentra Terpadu Inten Soeweno dalam melakukan pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program pelatihan vokasional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Sentra Terpadu Inten Soeweno merupakan lembaga yang mendukung pemberdayaan terhadap penyandang disabilitas, melalui pelatihan vokasional. Pemberdayaan melalui program pelatihan vokasional yang diselenggarakan oleh Sentra Terpadu Inten Soeweno dapat dikatakan menjadikan penyandang disabilitas berdaya, yang awalnya mereka tidak memiliki potensi dalam keterampilan menjadi bisa mempunyai potensi dalam keterampilan yang diminati, selain itu mereka dapat mengembangkan keterampilan maupun menambah wawasan di bidang keterampilan yang diminati. Dalam memberdayakan penyandang disabilitas terdapat beberapa aspek yang menjadi faktor pendukung Sentra Terpadu Inten Soeweno yaitu mempunyai instruktur yang kompeten, tersedianya fasilitas yang memadai di Sentra Terpadu Inten Soeweno serta terjalinnya mitra kerja sama dengan beberapa perusahaan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu terdapatnya perbedaan kemampuan yang dimiliki oleh PPKS serta adanya perbedaan daya tangkap PPKS dalam memahami materi yang diajarkan juga dapat menjadi kendala dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Penyandang Disabilitas; Vokasional
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tri Rahmatina Tri Rahmatina
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:44
Last Modified: 09 Jul 2024 04:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90754

Actions (login required)

View Item View Item