Layanan konseling teman sebaya dalam meningkatkan penyesuaian diri remaja: Penelitian di Pusat Informasi Konseling Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan Kabupaten Karawang

Badzlina, Ega (2024) Layanan konseling teman sebaya dalam meningkatkan penyesuaian diri remaja: Penelitian di Pusat Informasi Konseling Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penyesuaian diri merupakan sebuah permasalahan yang sering dihadapi remaja, oleh karena itu, adanya layanan konseling teman sebaya yang diselenggarakan oleh PIK Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan penyesuaian diri remaja. Dengan demikian, PIK Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan memainkan peran yang vital dalam mendukung perkembangan psikologis dan sosial remaja, membantu mereka untuk lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan tantangan yang mereka hadapi. Tujuan penelitian untuk mengetahui layanan konseling teman sebaya di PIK Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan, untuk mengetahui penyesuaian diri di PIK Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan, dan untuk mengetahui hasil layanan konseling teman sebaya dalam meningkatkan penyesuaian diri remaja di PIK Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan. Penelitian ini didasari adanya konsep layanan konseling, karena konseling memiliki makna pemberian bantuan. Adanya pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara dan teknik-teknik perubahan tingkah laku lainya oleh seorang ahli (disebut Konselor) kepada individu atau individu-individu yang sedang mengalami masalah (disebut konseli) yang bermuara kepada teratasinya masalah yang dihadapi oleh konseli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis statistik deskriptif, tujuan dari penelitian yang dilakukan ini yaitu mendeskripsikan gambaran secara jelas, lengkap dan sistematis dengan menghitung nilai presentase dari skor akhir angket. Hasil dari layanan konseling teman sebaya dalam meningkatkan penyesuaian diri remaja di PIK Remaja Cempaka Desa Cicinde Selatan menunjukkan hasil yang kuat terbukti dari data hasil angket menunjukkan bahwa:1) Sikap sosial sesuai dengan standar dan harapan kelompok serta lingkungannya 73 persen; 2) Penyesuaian diri dengan teman sebaya dan orang dewasa 58,4 persen; 3) Sikap yang menyenangkan orang lain 77,91 persen; 4) Partisipasi dalam kegiatan kelompok 62,77 persen; 5) Kepuasan terhadap partisipasi dalam kelompok (di rumah, di sekolah, teman sebaya) 67,33 persen, 6) Kepuasan terhadap kontak hubungan dengan teman dan orang dewasa 86,33 persen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling teman sebaya; Penyesuaian diri; Remaja
Subjects: Applied Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ega badzlina
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:45
Last Modified: 10 Jul 2024 05:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90964

Actions (login required)

View Item View Item