Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Game Edukasi android menggunakan gdevelop untuk melatih kemampuan penalaran matematis peserta didik

Komalasari, Nida (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Game Edukasi android menggunakan gdevelop untuk melatih kemampuan penalaran matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan ditujukan untuk membantu peserta didik agar bisa lebih maju.Namun, dengan adanya game pada perkembangan teknologi saat ini tidak selalu menimbulkan dampak positif bagi anak usia sekolah. Hal tersebut menjadi tantangan baru bagi pendidik untuk mampu memanfaatkan teknologi yang berkembang terutama game pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game edukasi android menggunakan GDevelop untuk melatih kemampuan penalaran matematis, menganalisis kevalidan media, keefektifan media, dan kepraktisan penggunaan media pembelajaran matematika yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu menunjukkan : (1) proses pengembangan dengan tahpan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dilaksanakan dengan sangat baik:(2) kevalidan media dari ahli media dan ahli materi diperoleh kriteria “Sangat Valid”; (3) kepraktisan media berdasarkan penilaian pengguna menunjukkan kriteria “Sangat Praktis”; (4) keefektifan media berdasarkan persentase ketuntasan keseluruhan tes kemampuan penalaran peserta didik menunjukkan kriteria “Efektif”. Dengan demikian, media pembelajaran matematika berbasis game edukasi android menggunakan GDevelop layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika dengan materi aplikasi turunan fungsi aljabar untuk melatih kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: game edukasi; gdevelop; penalaran matematis; pengembangan media
Subjects: Algebra
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nida Komalasari
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:42
Last Modified: 10 Jul 2024 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90992

Actions (login required)

View Item View Item