Potret nilai-nilai tasawuf Entrepreneurship dalam strategi bisnis pelaku UMKM: Studi deskriptif di Pasar Kaget 46 Palasari Cibiru Kota Bandung

Hardiyanti, Reza (2024) Potret nilai-nilai tasawuf Entrepreneurship dalam strategi bisnis pelaku UMKM: Studi deskriptif di Pasar Kaget 46 Palasari Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dimasa sekarang ini, dimana banyak masyarakat yang berfikir materealistik dan mementingkan keuntungan semata. Dalam berbisnis sering menghalalkan segala cara dan menggunakan cara-cara yang justru merugikan dirinya sendiri dan agamanya. Bekerja berikhtiar di dunia jangan sampai bertentangan dengan syari'at yang telah ditentukan oleh Allah Swt. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui nilai-nilai tasawuf Entrepreneurship yang termanifestasi pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pasar Kaget 46 Kota Bandung, untuk mengetahui peran tasawuf Entrepreneurship dalam strategi bisnis UMKM di Pasar Kaget 46 Kota Bandung. Konsep-konsep sufi yang mencakup pemberdayaan masyarakat dan filantropi dapat diartikan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pemberdayaan ekonomi dan pemberian kepada yang membutuhkan dapat dilihat sebagai bentuk ibadah dan kebaikan. Dengan menekankan konsep Al-Ghazali yaitu pentingnya kesederhanaan dan zuhud (keengganan untuk melekat pada dunia materi) sebagai nilai-nilai utama dalam hidup. Al-Ghazali menyoroti pentingnya mencari keberkahan Allah dalam setiap aspek hidup, termasuk ekonomi, adalah suatu kewajiban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Deskriptif yang dilaksanakan di Pasar Kaget 46 Palasari Cibiru Bandung. Subjek penelitianya yaitu merupakan pelaku UMKM di Pasar tersebut, dengan mengambil 10 narasumber untuk dijadikan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potret nilai-nilai tasawuf Entrepreneurship tidak hanya menjadi landasan spiritual, tetapi juga memberikan dampak positif pada strategi bisnis, kualitas produk, pemahaman pasar, inovasi, promosi, dan manajemen bisnis pelaku UMKM di Pasar Kaget 46 Palasari Cibiru. nilai-nilai tasawuf entrepreneurship membawa kontribusi dalam membangun lingkungan bisnis yang beretika, bermoral, dan saling menguntungkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai tasawuf; kewirausahaan; strategi bisnis; tasawuf entrepreneurship; umkm
Subjects: Islam
Islam > Sufi Ethics
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Reza Hardiyanti
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:17
Last Modified: 15 Jul 2024 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91125

Actions (login required)

View Item View Item