Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai Islam terhadap literasi Sains siswa pada materi Ekosistem

Sa'diah, Salsa Assiri (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai Islam terhadap literasi Sains siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan untuk mengintegrasikan konsep materi dengan isu atau fenomena lingkungan pada materi ekosistem yang berdampak pada rendahnya literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam terhadap literasi sains siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan pola penelitian yang digunakan merupakan pola posttest only control group design menerapkan dua kelas X4 dan X6 dengan subjek penelitian sebanyak 63 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 23. Data hasil literasi sains berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 43 dan 73, sedangkan nilai rata pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 46 dan 46. Hasil literasi sains siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 0.52 dan kelas kontrol 0. Uji hipotesis diperoleh 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil literasi sains siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Literasi Sains; Problem Based Learning;
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Salsa Assiri Sa'diah
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:58
Last Modified: 16 Jul 2024 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91133

Actions (login required)

View Item View Item