Sa'diah, Salsa Assiri (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi nilai Islam terhadap literasi Sains siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan untuk mengintegrasikan konsep materi dengan isu atau fenomena lingkungan pada materi ekosistem yang berdampak pada rendahnya literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam terhadap literasi sains siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan pola penelitian yang digunakan merupakan pola posttest only control group design menerapkan dua kelas X4 dan X6 dengan subjek penelitian sebanyak 63 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 23. Data hasil literasi sains berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 43 dan 73, sedangkan nilai rata pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 46 dan 46. Hasil literasi sains siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 0.52 dan kelas kontrol 0. Uji hipotesis diperoleh 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil literasi sains siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Literasi Sains; Problem Based Learning; |
Subjects: | Education, Research Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Salsa Assiri Sa'diah |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 01:58 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91133 |
Actions (login required)
View Item |