Aktivitas Digital Public Relations sebagai sarana informasi Publik Kota Majalengka : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @besokseninco

Amelia, Vira Indah (2024) Aktivitas Digital Public Relations sebagai sarana informasi Publik Kota Majalengka : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @besokseninco. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Perkembangan Teknologi digital saat ini membawa kegiatan Public Relations pada arus perubahan untuk mempublikasikan informasi secara online. Digital Public Relations merupakan aktivitas kehumasan yang memanfaatkan penggunaan teknologi digital, serta memanfaatkan media sosial untuk mempublikasikan informasi. Besokseninco merupakan komunitas di daerah Kota Majalengka bermula hanya sebagai media anak muda untuk menulis dan mulai dengan konsisten melakukan kegiatan Digital Public Relations hingga menjadi kepercayaan publik Kota Majalengka untuk membagikan suatu informasi kepada publik melalui akun Instagramnya yaitu @besokseninco. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas digital public relations melalui akun Instagram @besokseninco dalam menyampaikan informasi kepada publik melalui konsep The Circular Model of Some yang dikemukakan oleh Regina Luttrell. Model ini memiliki empat tahapan diantaranya adalah share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). The Circular Model of Some for Social Communication merupakan model yang dikemukakan oleh Regina Luttrell yang menjadi dasar dan fokus pada penelitian ini. Model tersebut menjelaskan beberapa tahapan yang terdapat dalam pengelolaan media sosial pada akun Instagram @Besokseninco. Penelitian yang dilakukan ini berdasarkan paradigma konstruktivistik dengan menggunakan metode desktiptif kualitatif, utnuk mendeskripsikan secara rinci dari tujuan penelitian. Peneliti mengguankan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Besokseninco dalam melakukan aktivitas digital public relations sebagai saran informasi publik Kota Majalengka melalui akun Instagram @besokseninco dengan menggunakan model The Circular Model of Some yang memiliki empat tahapan diantaranya 1.) Share (bagikan) yaitu pesan yang disampaikan kepada publik berdasarkan participate, connect, dan build trust, 2.) Optimize yaitu mengoptimalkan pesan yang akan disampaikan dengan melibatkan peyesuaian terhadap materi dan visual konten, 3.) Manage yaitu mengelola perkembangan aktivitas digital public relations dengan melalui tahapan media monitoring dan quick respons. 4.) Engage yaitu melibatkan audiens melalui tahapan menentukan audiens dan melakukan kerjasama dengan pihak eksternal. ENGLISH : The current development of digital technology has brought Public Relations activities into a flow of change to publish information online. Digital Public Relations is a public relations activity that utilizes the use of digital technology, as well as utilizing social media to publish information. Besokseninco is a community in the Majalengka City area that started as a medium for young people to write and started consistently carrying out Digital Public Relations activities until it became the public trust of Majalengka City to share information with the public via it’s Instagram account namely @besokseninco. This research aims to determine digital public relations activities through the Instagram account @besokseninco in conveying information to the public through the concept of The Circular Model of Some proposed by Regina Luttrell. This model has four stages, including share, optimize, manage, and engage. The Circular Model of Some for Social Communication is a model put forward by Regina Luttrell which is the basis and focus of this research. This model explains several stages involved in managing social media on the Instagram account @besokseninco. The research carried out was based on a constructivist paradigm using qualitative descriptive methods, to describe in detail the research objectives. Research used data collection techniques by conducting in-depth interviews, passive participant observation, and documentation. Based on the research results, it can be concluded that Besoskeninco carries out digital public relations activities as public information suggestions for the City of Majalengka through the Instagram account @besokseninco using the Circular Model of Some which has four stages including 1.) Share, namely the message conveyed to the public based on participate, conncet, and build trust. 2). Optimize, namely optimizing the message to be conveyed by involving adjusments to the material and visual content. 3). Manage, namely managing the development of digital public relations activities through media monitoring and quick response stages. 4). Engage, namely involving the audience through the stages of determining the audience and collaborating with external parties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; Informasi Publik; Instagram; Keterlibatan Audiens
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Audiences
Social Process
Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Telephon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Vira Indah Amelia
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:14
Last Modified: 11 Jul 2024 02:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91146

Actions (login required)

View Item View Item