Pertiwi, Gita Cita (2024) Strategi Public Relations Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dalam membangun citra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR IIS)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Strategi Public Relations dilakukan lembaga untuk mengkomunikasikan suatu produk baik berupa barang atau jasa dengan publik, namun juga digunakan sebagai aktivitas mengkomunikasikan citra lembaga kepada publiknya. Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung melaksanakan strategi public relations sebagai bentuk memperkenalkan identitas serta menciptakan citra yang baik dari publiknya. Proses perencanaan yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung bertujuan untuk mendapatkan citra yang baik sebagai lembaga yang memberikan pelayanan yang baik serta memberikan manfaat dan penyelesaian dalam bidang ketenagakerjaan. Corporate branding salah satu yang dibangun dengan kuat akan memberikan citra baik bagi organisasi, sehingga mampu menciptakan kepercayaan dari stakeholder. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi public relations yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung menggunakan model VCI (Vision, Culture, Image) melalui tahapan strategic vision atau strategi serta upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan, organizational culture atau nilai serta budaya yang diyakini dan dipercaya, dan stakeholder images atau upaya untuk mendapatkan serta mempertahankan citra yang ingin diperoleh dari stakeholder. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data melalui tahap wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Analisis data yang digunakan ialah pengolahan data, resensi data, pengelompokan data, pendeskripsian data dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung berhasil melakukan strategi public relations melalui model brand toolkit dengan tahapan konsep VCI, dengan indikator sebagai berikut: pertama, strategic vision yaitu dengan menerapkan strategi pelayanan baik, pemberdayaan, dan publikasi, kedua yaitu organizational culture dengan membangun budaya kekeluargaan yang diterapkan melalui kolaborasi, pembinaan dan rekapitulasi, ketiga yaitu stakeholder images dengan melakukan upaya menciptakan serta menjaga citra baik dengan menjaga hubungan yang baik serta tetap melakukan transparansi kepada para stakeholder.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Public Relations; Citra; Dinas Ketenagakerjaan; Corporate Branding |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Gita Cita Pertiwi |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:02 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91259 |
Actions (login required)
View Item |