Strategi Public Relations Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dalam membangun citra

Pertiwi, Gita Cita (2024) Strategi Public Relations Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung dalam membangun citra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR IIS)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Strategi Public Relations dilakukan lembaga untuk mengkomunikasikan suatu produk baik berupa barang atau jasa dengan publik, namun juga digunakan sebagai aktivitas mengkomunikasikan citra lembaga kepada publiknya. Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung melaksanakan strategi public relations sebagai bentuk memperkenalkan identitas serta menciptakan citra yang baik dari publiknya. Proses perencanaan yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung bertujuan untuk mendapatkan citra yang baik sebagai lembaga yang memberikan pelayanan yang baik serta memberikan manfaat dan penyelesaian dalam bidang ketenagakerjaan. Corporate branding salah satu yang dibangun dengan kuat akan memberikan citra baik bagi organisasi, sehingga mampu menciptakan kepercayaan dari stakeholder. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi public relations yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung menggunakan model VCI (Vision, Culture, Image) melalui tahapan strategic vision atau strategi serta upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan, organizational culture atau nilai serta budaya yang diyakini dan dipercaya, dan stakeholder images atau upaya untuk mendapatkan serta mempertahankan citra yang ingin diperoleh dari stakeholder. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data melalui tahap wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Analisis data yang digunakan ialah pengolahan data, resensi data, pengelompokan data, pendeskripsian data dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung berhasil melakukan strategi public relations melalui model brand toolkit dengan tahapan konsep VCI, dengan indikator sebagai berikut: pertama, strategic vision yaitu dengan menerapkan strategi pelayanan baik, pemberdayaan, dan publikasi, kedua yaitu organizational culture dengan membangun budaya kekeluargaan yang diterapkan melalui kolaborasi, pembinaan dan rekapitulasi, ketiga yaitu stakeholder images dengan melakukan upaya menciptakan serta menjaga citra baik dengan menjaga hubungan yang baik serta tetap melakukan transparansi kepada para stakeholder.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Public Relations; Citra; Dinas Ketenagakerjaan; Corporate Branding
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Gita Cita Pertiwi
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:02
Last Modified: 11 Jul 2024 06:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91259

Actions (login required)

View Item View Item