Pengaruh perilaku berorganisasi terhadap rasa percaya diri mahasiswa : Penelitian di Himpunan Mahasiswa Majalengka Bandung

Hidayat, Muhammad Harish (2024) Pengaruh perilaku berorganisasi terhadap rasa percaya diri mahasiswa : Penelitian di Himpunan Mahasiswa Majalengka Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Berorganisasi merupakan upaya membantu individu berkembang dengan kemampuan yang dimilikinya secara bertahap dalam proses yang matang. Sudah seharusnya mahasiswa melakukan pengembangan diri meliputi peningkatan potensi, keterampilan, pengetahuan, dan kualitas pribadi. Salah satu upaya yang dilakukan mahasiswa dengan berorganisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh perilaku berorganisasi terhadap rasa percaya diri mahasiswa. Seberapa signifikan pengaruh dari perilaku berorganisasi khususnya di HIMMAKA BANDUNG terhadap rasa percaya diri mahasiswa. Berdasarkan aspek-aspek yang digunakan yaitu; motivasi, kepemimpinan, konflik, pembinaan karir, hubungan komunikasi, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, produktivitas, kepuasan, pembinaan dan pengembangan. Sementara rasa percaya diri mahasiswa diukur melalui aspek-aspek; yakin, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner skala bertingkat. Objek penelitian ini sebanyak 27 sampel atau 20% dari populasi total yaitu sebanyak 130 mahasiswa yang tersebar dari berbagai kampus di Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan perilaku berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasa percaya diri mahasiswa, seperti terdapat di hasil uji regresi linier sederhana yaitu 0.000 < 0.05, artinya variabel perilaku berorganisasi memiliki pengaruh positif pada variabel rasa percaya diri mahasiswa. Besarnya pengaruh perilaku berorganisasi hasil pengolahan R Square sebesar 0.803 atau 80,3% rasa percaya diri mahasiswa dipengaruhi oleh perilaku berorganisasi, sementara itu sekitar 19,7% rasa percaya diri mahasiswa dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Berorganisasi ; Rasa Percaya Diri
Subjects: Organization an Management of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Harish Hidayat
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:09
Last Modified: 11 Jul 2024 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91270

Actions (login required)

View Item View Item