Strategi komunikasi panti asuhan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak yatim: Studi deskriptif di Panti Asuhan Himmatun Ayat Kab. Bandung

Saripudin, Resi Tri Rahayu (2024) Strategi komunikasi panti asuhan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak yatim: Studi deskriptif di Panti Asuhan Himmatun Ayat Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi .pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BABA IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Strategi komunikasi di Panti Asuhan Himmatun Ayat merupakan fenomena yang menarik dalam upaya menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak yatim dan memiliki pengaruh positif terhadap lingkungan. Panti Asuhan berperan penting dalam menggantikan peran keluarga dalam memenuhi kebutuhan fisik, psikologis, dan sosial anak-anak asuhnya, terutama dalam masa transisi dari kanak-kanak menuju remaja. Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang pesat, tantangan moralitas di kalangan remaja semakin meningkat, sehingga peran panti asuhan dalam memberikan bimbingan moral menjadi sangat krusial. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui proses komunikasi panti asuhan agar efektif, peran komunikator (Pimpinan, Pengasuh, Staff) dalam mempengaruhi efektivitas strategi komunikasi, dan untuk mengetahui evaluasi dan pemantauan yang dilakukan panti asuhan untuk mengukur keberhasilan strategi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, penelitian deskriftif ini bertujuan untuk memberikan deskripsi yang lebih akurat, dan berfakta mengenai karakteristik, fakta, dan relasi antara fenomena yang sedang diselidiki. Metode ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah Communication Goals Theory sebagai teori yang merujuk pada upaya menciptakan komunikasi yang efektif untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam konteks ini, tujuan tersebut melibatkan penerimaan pesan oleh komunikan dari komunikator dengan baik, dengan harapan dapat mengubah tindakan atau perilaku orang lain sehingga mencapai tujuan yang diinginkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh Panti Asuhan Himmatun Ayat melibatkan pengajaran agama, pembiasaan perilaku positif, serta penggunaan contoh dan keteladanan dari para pengasuh. Evaluasi dan pemantauan dilakukan secara rutin untuk memastikan keberhasilan strategi komunikasi dalam mencapai tujuan penanaman nilai-nilai akhlak. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan teori komunikasi dakwah dan pendidikan karakter, serta menawarkan panduan praktis bagi pengelola panti asuhan dalam merancang strategi komunikasi yang lebih efektif. Dengan demikian, diharapkan anak-anak asuh di Panti Asuhan Himmatun Ayat dapat tumbuh dengan moralitas yang baik dan siap menghadapi tantangan moral di era modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Nilai-Nilai Akhlak; Anak Yatim; Panti Asuhan
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Resi Rahayu Saripudin
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:16
Last Modified: 11 Jul 2024 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91275

Actions (login required)

View Item View Item