Manajemen strategik pelayanan pegawai dalam meningkatkan kepuasan calon jemaah haji: Studi deskriptif pada seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementrian Agama Kabupaten Sumedang tahun 2023

Puadah, Fitri (2024) Manajemen strategik pelayanan pegawai dalam meningkatkan kepuasan calon jemaah haji: Studi deskriptif pada seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementrian Agama Kabupaten Sumedang tahun 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Caver.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB l)
BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia telah diatur berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji berpacu kepada peraturan perundang-udangan penyelenggaraan ibadah haji adalah tugas negara yang telah menjadi tanggung jawab pemerintah yang sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan juga memiliki kewajiban memberikan layanan pembinaan dan perlindungan. Oleh karena itu harus memberikan pelayanan terbaik untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dalam mewujudkan kepuasan calon jamaah. Sehingga penting dilakukan penelitian dalam manajemen strategi pelayanan pegawai dalam meningkatkan kepuasan calon jamaah haji. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui formulasi strategi dalam meningkatkan kepuasan calon jamaah, implementasi strategi pelaynan dalam meningkatkan kepuasan calon jamaah dan evaluasi strategi pelayanan pegawai dalam meningkatkan kepuasan calon jamaah haji pada seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategik. Menurut Fred.R.david menjelaskan bahwa proses manajemen strategis terdiri dari tiga tahapan, yaitu memformulasikan strategik, mengimplementasikan strategik dan mengevaluasi strategik. Paradigma yang digunakan yaitu konstruktivisme dengan metode studi deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: Pertama, formasi strategi mengadakan pelatihan atau workshop kepada pegawai, selanjutnya pemberian motivasi para pegawai yaitu berupa support system kepada para pegawai, kedua implementasi strategi yaitu menerapkan lima budaya kerja (integritas profesional, tanggung jawab keteladanan) menerapkan sistem kolektif kolegial, sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga evaluasi strategi dilakukan dengan memonitoring kepegawaian dengan cara pengamatan secara langsung ataupun tidak langsung dalam mengisi laporan kerja harian kemudian evaluasi kedua dilakukan dengan absensi yang berbasis elektronik.dalam meningkatkan pelayanan kepegawaian seksi penyelenggara haji dan umrah kabupaten sumedang pelayanan tersebut harus sesuai dengan Standar Prosedur yang telah ditetapkan, bersikap Profesional, responsif, menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan Kepuasan Calon Jamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Kepuasan jemaah; PHU
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fitri Puadah
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:22
Last Modified: 11 Jul 2024 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91296

Actions (login required)

View Item View Item