Optimalisasi fungsi perencanaan MDTA dalam meningkatkan kualitas kinerja pengajar: Studi deskriptif di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya

Anwariyah, Gina (2024) Optimalisasi fungsi perencanaan MDTA dalam meningkatkan kualitas kinerja pengajar: Studi deskriptif di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan lembaga pendidikan islam non formal yang saat ini mengambil peran yang sangat besar dalam melaksanakan tujuan pendidikan keagamaan pada usia dini. Keberadaan Madrasah Diniyah dianggap sebagai embrio lembaga pendidikan pesantren. Walaupun madrasah diniyah dikatagorikan sebagai lembaga pendidikan non formal namun harus tetap menerapkan profesionalitas dalam penyelenggaraannya. Penyelenggaraan MDTA Al-Hidayah murni berdasarkan kehendak dan kebutuhan masyarakat sehingga keberadaan dan operasional lembaga pendidikan tersebut didasarkan pada kemampuan pengelola dalam penyelenggaraannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan MDTA Al-Hidayah, pengambilan keputusan dan hasil optimalisasi fungsi perencanaan MDTA dalam meningkatkan kualitas kinerja pengajar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sondang P. Siagian menjelaskan bahwa fungsi perencanaan dimulai dengan penyusunan rencana dan pengambilan keputusan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan, dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan optimalisasi fungsi perencanaan MDTA dalam meningkatkan kualitas inerja pengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.Proses penyusunan perencanaan yang dilakukan MDTA Al-Hidayah berjalan secara sistematis dimulai dengan menentukan tujuan dan menganalisis berbagai faktor internal dan faktor eksternal. 2. Pengambilan keputusan dimulai dengan mengidentifikasi masalah atau area yang perlu diperbaiki dalam kinerja pengajar. Adapun dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja pengajar. MDTA Al-Hidayah melakukan upaya evaluasi pembelajaran dan pengembangan professional pengajar. 3. Hasil Optimalisasi fungsi perencanaan dalam meningkatkan kualitas kinerja pengajar adalah sebuah proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang berkaitan dengan manajemen pendidikan. Dalam hal ini MDTA Al-Hidayah dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi mengacu pada tiga aspek yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kompetensi pengajar, dan meningkatkan kepuasan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Perencanaan; Kualitas Kinerja; Pengembangan Professional Pengajar; Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: gina anwariyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:23
Last Modified: 15 Jul 2024 02:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91351

Actions (login required)

View Item View Item