Hubungan antara kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cileuunyi

Suherman, Ike Enyta (2024) Hubungan antara kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 5 Cileuunyi. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover watermark.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-daftarlampiran.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi mengenai hubungan antara kepribadian siswa dan hasil belajar mereka. Dari studi pendahuluan yang dilakukan, ditemukan bahwa kepribadian individu yang berbeda-beda mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan pengamatan penulis, terdapat beberapa siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui kepribadian Ekstrovert kelas VIII di SMPN 5 Cileunyi 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 5 Cileunyi 3) Untuk mengetahui hubungan antara kepribadian Ekstrovert dengan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 5 Cileunyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang memfokuskan terhadap pengujian teori dengan mengukur variabel penelitian menggunakan angka-angka serta data yang dianalisis menggunakan metode statistik. Angket, observasi, wawancara, studi pustaka serta studi dokumen yang dijadikan alat untuk pengumpulan data. Deskriptif analisis setiap indikator variabel X dan Y, uji normalitas, uji korelasi serta uji hipotesis yang dijadikan teknik analisis data. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 34 siswa yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepribadian ekstrovert dan tes hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian Ekstrovert dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal tersebut karena nilai korelasi 0,01 < dari 0,05. Adapun tingkat Pearson Correlation adalah 0,43, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat korelasi anatara kedua variabel tersebut berkategori tingkat sedang. Secara keseluruhan, meskipun kepribadian ekstrovert tidak secara mutlak menentukan hasil belajar kognitif. Siswa dengan kepribadian ekstrovert cenderung memiliki hasil belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepribadian siswa, khususnya kecenderungan ekstroversi, dapat berperan dalam mempengaruhi pencapaian akademik mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian ekstrovert; hasil belajar; pendidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ike Ikta Turaenih
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:47
Last Modified: 12 Jul 2024 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91373

Actions (login required)

View Item View Item