Persepsi pedagang dalam alih fungsi lahan dari pasar tradisional menjadi alun-alun: Penelitian di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur

Nuraini, Siti (2024) Persepsi pedagang dalam alih fungsi lahan dari pasar tradisional menjadi alun-alun: Penelitian di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Perubahan alih fungsi lahan dari pasar tradisional menjadi alun-alun di Kecamatan Ciranjang merupakan suatu keuntungan dalam hal pembangunan perkotaan dan peningkatan pendapatan daerah. Perubahan dari alih fungsi lahan yang tidak menghasilkan keuntungan sering menimbulkan konflik, terutama bagi pihak yang merasa dirugikan. Permasalahan dari adanya alih fungsi lahan pasar tradisional menjadi alun-alun memberikan sebuah persepsi dari pedagang yang turut merasakan adanya perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui tantangan bagi pedagang mengenai alih fungsi lahan dari pasar tradisional menjadi alun-alun Ciranjang kabupaten Cianjur; untuk mengetahui tanggapan pedagang terhadap perubahan pasar tradisional menjadi alun-alun Ciranjang kabupaten Cianjur; untuk mengetahui faktor alih fungsi lahan pasar tradisional menjadi alun-alun Ciranjang kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial siklus yang dikemukakan oleh Arnold J Toynbee dalam karyanya A Study of History yang mengembangkan teori perubahan sosial siklus yang dikenal sebagai Challenge and Response Theory. Untuk menjawab permasalahan pada penelitian ini maka menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Proses pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: Pedagang pasar tradisional yang menghadapi sebuah tantangan akan membentuk suatu persepsi. Persepsi pedagang pasar tradisional Ciranjang terhadap alih fungsi lahan dari pasar tradisional menjadi alun-alun terbagi menjadi dua persepsi, yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Pedagang pasar tradisional Ciranjang memberikan tanggapan mereka terkait kondisi pasar tradisional Ciranjang setelah mengalami peristiwa kebakaran hingga alih fungsi lahan menjadi alun-alun. Tanggapan yang diberikan berupa dampak yang mereka rasakan setelah fenomena alih fungsi lahan ini terjadi yaitu berpengaruh terhadap aktivitas serta pendapatan mereka. Faktor yang melatarbelakangi adanya alih fungsi lahan dari pasar tradisional menjadi alun-alun yaitu karena peristiwa kebakaran pasar tradisional, relokasi pasar tradisional, dan pemanfaatan lahan bekas pasar tradisional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Alih fungsi lahan; persepsi; teori perubahan sosial siklus
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Social Process
Commerce, Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Nuraini
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:25
Last Modified: 12 Jul 2024 04:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91375

Actions (login required)

View Item View Item