Penerapan model Kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game untuk meningkatkan hasil belajar PAI: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Fadila, Eliya (2024) Penerapan model Kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game untuk meningkatkan hasil belajar PAI: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi (8).pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran di kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung yang berorientasi pada guru, dimana murid hanya mendengarkan penjelasan (ceramah) dan tidak dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran itu sendiri. Model pembelajaran yang diterapkan secara terus menerus tanpa adanya variasi membuat kegiatan pembelajaran terkesan monoton sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui desain model kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. 2) Mengetahui penerapan model kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. 3) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah menggunakkan model kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game Model kooperatif adalah model yang menjadikkan pembelajaran bukan hanya terpusat pada guru, tapi berorientasi pula pada siswa. Adapun orang yang pertama kali mengembangkan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) adalah Davied and Keith pada tahun 1981. Model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) adalah model yang memiliki ciri khas berupa turnamen pada kegitan evaluasinya sehingga memantik seluruh peserta untuk turut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakkan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain non equivalent control grup. Kelas yang menjadi eksperimen akan menggunakkan model kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game, sedangkan kelas kontrol menggunakkan model konvensional. Kedua kelas yang diteliti diberikkan pre test dan post test untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dan pengaruh yang diberikkan oleh model tersebut. Analisis data yang digunakkan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain da uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Desain model kooperatif tipe TGT berbantu media Switch Game membentuk siswa menjadi kelompok berisikan 4 – 6 orang dan membuat para siswa melakukan turnamen dalam kegiatan evaluasinya. 2) Model kooperatif berbantu media Switch Game diterapkan pada siswa XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penerapan model ini dilaksanakkan pada pertemuan kedua 3) Nilai rata – rata post test kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata – rata 64,2 menjadi 81,20. Nilai ini berada pada kategori sangat baik. Hal ini berarti penggunaan model kooperatif tipe TGT dan media Switch Game dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif; Team Games Tournament; Hasil Belajar Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eliya Fadila
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:33
Last Modified: 19 Jul 2024 09:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91391

Actions (login required)

View Item View Item