Hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Al-Muawanah Kota Bogor

Nugrahaeni, Siti Rukmini (2024) Hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Al-Muawanah Kota Bogor. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari observasi yang telah dilakukan di Kelas IV pada saat mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, di mana pada saat proses pembelajaran itu suara guru sulit terdengar di barisan belakang, guru pun lebih sering keluar kelas untuk mengobrol dengan guru lain, tak jarang guru juga sering bermain gawai ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini membuat peserta didik kehilangan motivasi dalam belajar karena mereka menginginkan guru yang selalu ada di kelas ketika sedang pembelajaran dan menjelaskan materi dengan suara yang lantang agar mereka dapat memahami apa yang sedang disampaikan oleh sang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui: (1) bagaimana gaya mengajar guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (2) bagaimana motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (3) apakah terdapat hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Indikator gaya mengajar guru yaitu variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, kontak pandang, gerakan tubuh, posisi mengajar, tingkah laku, dan kebiasan. Sedangkan indikator motivasi belajar peserta didik yaitu: adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Hipotesisnya yaitu ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI Al-Muawanah Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasi, di mana teknik pengumpulan datanya adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner ini dibagikan pada responden di Kelas IV-A dan IV-B yang berjumlah 61 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah: uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji korelasi. Sebelum melakukan uji analisa data, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Dari hasil penelitian bahwa data dikatakan berdistribusi normal karena nilai sig dari variabel x adalah 0,200 dan dari variabel y adalah 0,92 kedua variabel >0,05. Data juga dikatakan ber-homogen karena nilai sig 0,111 > 0,05, dan data juga ber-linier dilihat dari deviation from linierity yaitu sebesar 0,451 > 0,05 menunjukkan bahwa gaya mengajar guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 34,3%, sedangkan motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 52,3%. Hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar peserta didik pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini menghasilkan data bahwa hasilnya adalah positif sebesar 0,333 di mana >0,05 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar; Motivasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Rukmini Nugrahaeni
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:52
Last Modified: 18 Jul 2024 05:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91399

Actions (login required)

View Item View Item