Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Fikih untuk meningkatkan hasil belajar siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X Ma Al Jauhari Kabupaten Garut

Qodir, Rizki Abdul (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Fikih untuk meningkatkan hasil belajar siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X Ma Al Jauhari Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pra-penelitian di MA Al Jauhari hasil observasi dengan guru fikih, hanya 10 dari 60 siswa yang lulus dari KKM mata pelajaram fikih yakni 65. Informasi yang diperoleh menunjukkan bahwa banyak siswa yang masih kesulitan memahami konsep pembelajaran fikih yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar mereka dalam mata pelajaran tersebut. Maka berdasarkan masalah tersebut penulis melakukan penelitian dengan memilih pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al Jauhari, untuk mengetahui proses pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al Jauhari, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas X untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan yang secara aktif melibatkan siswa selama proses pembelajaran, serta mengintegrasikan berbagai kesiapan, minat, dan bakat belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ha terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al Jauhari dan Ho tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al Jauhari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design dengan pelaksanaanya pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan pada setiap kelompok baik kelas ekperimen maupun kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas X di MA Al Jauhari, Kabupaten Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Fikih
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIZKI ABDUL QODIR
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:36
Last Modified: 12 Jul 2024 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91429

Actions (login required)

View Item View Item