Manajemen sumber daya manusia dalam optimalisasi pelayanan Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT): Studi deskriptif di penyelenggara haji dan umrah Kementerian Agama Kabupaten Subang

Akmalia, Egin (2024) Manajemen sumber daya manusia dalam optimalisasi pelayanan Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT): Studi deskriptif di penyelenggara haji dan umrah Kementerian Agama Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Sumber daya manusia menjadi komponen penting dalam suatu organisasi. Penyelenggara haji dan umrah Kementrian Agama Kabupaten Subang melakukan penelitian mengenai manajemen sumber daya manusia dalam pelayanan Siskohat secara spesifik, dalam pembahasan ini pentingnya sumber daya manusia yang berkompeten untuk menerapkan pelayanan yang optimal. Peningkatan kualitas pelayanan harus dilakukan, mulai dari pengenbangan sumber daya manusia, rekuitmen, dan pelatihan yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencaanan sumber daya manusia di seksi penyelenggara haji dan umrah, untuk mengetahui rekrutmen sumber daya manusia (staff) di seksi penyelenggara haji dann umrah, untuk mengetahui pelatihan sumber daya manusia dalam pelayanan siskohat di seksi penyelenggara haji dan umrah. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Kasmir tentang manajemen sumber daya manusia, mulai dari perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen sumber daya manusia, dan pelatihan dan pelatihan sumber daya manusia. teori ini digunakan sebagai pijakan penelitian yang dilakukan di Kementrian Agama Kabupaten Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskritif dengan menggunakan paradigma kontruktivisme dan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan sumber daya manusia di Kemenag Kabupaten Subang menjadi kunci dalam optimalisasi pelayanan. Setelah perencanaan yang matang diikuti pelaksanaannya dalam upaya menyeleksi para calon pegawai dengan rekrutmen yang ketat dan juga terstruktur. Setelah rekuitmen berjalan dengan semestinya perlu diadakan pelatihan sumber daya manusia dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia supaya mencapai hasil yang optimal, program pelatihan SDM Siskohat perlu dilakukan secara berkelanjutan dan terarah. Evaluasi dan monitoring terhadap efektivitas pelatihan juga perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa petugas benar-benar menguasai Siskohat dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah. Dengan demikian, jika manajemen sumber daya manusia dilakukan secara optimal pada rekrutmen, perencanaan, dan pelatihan, maka optimalisasi pelayanan publik akan terwujud.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen; Rekrutmen; Pelatihan; Pelayanan; SDM
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Egin Egin Egin Akmalia
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:58
Last Modified: 12 Jul 2024 09:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91462

Actions (login required)

View Item View Item