Dinamika kesenian Cigawiran : Penelitian budaya lokal kesenian Cigawiran di Desa Cigawir Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut Skripsi

Jubaedah, Siti (2024) Dinamika kesenian Cigawiran : Penelitian budaya lokal kesenian Cigawiran di Desa Cigawir Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut Skripsi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan pada masyarakat akibat adanya arus globalisasi. Arus globalisasi yang membawa kemodernan, hal tersebut merombak cara hidup masyarakat secara besar-besaran, akibatnya kebudayaan lokal tersingkirkan. Dalam penelitian ini yaitu kesenian Cigawiran kurang dikenal oleh masyarakat Cigawir sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang menyebabkan perubahan dalam eksistensi kesenian Cigawiran dan upaya yang dilakukan pelaku kesenian Cigawiran untuk memperkenalkan kesenian Cigawiran. Penelitian ini menggunakan teori globalisasi Anthony Giddens. Dalam pandangan Giddens globalisasi di satu sisi melemahkan budaya lokal namun di sisi lain bisa juga membantu menghidupkan kembali budaya lokal. oleh karena itu, teori globalisasi Anthony Giddens ini digunakan untuk memahami dan menganalisis masalah krisis identitas remaja di Desa Cigawir terhadap kesenian Cigawiran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif pendekatan kualitatif. Pendekatan ini cocok untuk menggambarkan kondisi objek penelitian yaitu kondisi eksistensi kesenian Cigawiran. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan mengenai fenomena yang dikaji. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan penelitian terdahulu. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dengan cara memberikan penilaian sendiri pada sampel di antara populasi sesuai dengan kriteria topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab perubahan dalam eksistensi kesenian Cigawiran yaitu karena adanya arus globalisasi membawa kemodernan yang kemudian merombak kehidupan masyarakat secara besar-besaran. Hal tersebut berdampak pada remaja di Desa Cigawir kurang mengenal kesenian Cigawiran, dimana dari adanya pengaruh teknologi internet yang di bwa oleh kemodernan berakibat pada berubahnya kebiasaan remaja setelah pulang sekolah. Upaya yang dilakukan pelaku kesenian dalam memperkenalkan kesenian Cigawiran yaitu dengan pemanfaatan teknologi yang dihasilkan dari kemodernan yaitu dengan pengarsipan berbentuk CD atau cakram padat sebagai media untuk pendokumentasian dan penyimpanan kesenian Cigawiran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cigawiran; Dinamika; Kebudayaan; Kesenian
Subjects: Culture and Institutions
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Arts
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siti Jubaedah
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:10
Last Modified: 15 Jul 2024 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91548

Actions (login required)

View Item View Item