Pengaruh media pembelajaran berbasis Wordwall terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurfadillah, Salsa (2024) Pengaruh media pembelajaran berbasis Wordwall terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER-WATERMARK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-WATERMARK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_WATERMARK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-WATERMARK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II-WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-WATERMARK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Cileunyi dimana guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti hanya fokus pada pembelajaran klasikal sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang belum maksimal. Saat proses pembelajaran berlangsung, media pembelajaran tidak mendapat perhatian serius dan tidak dilaksanakan dengan baik. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba menggunakan media pembelajaran berbasis wordwall untuk melihat pengaruh nya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) realitas hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; (2) penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall pada siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi;(3) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mereka. Pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam media pembelajaran yang digunakan, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis wordwall, oleh karena itu, hipotesis penelitian ini adalah semakin tepat penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall, maka akan meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group, yang mana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan keseluruhan jumlah sampel 48, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh perubahan yang signifikan, dengan rata�rata nilai pre-test 72,50 dan rata-rata nilai post-test 87,50 (2) hasil belajar siswa pada kelas kontrol terdapat perubahan, namun kurang maksimal, dengan rata-rata nilai pre-test 32,39 dan rata-rata nilai post-test 59,17,97, (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall dapat dilihat melalui uji t, bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yakni 8.869, > 2.012 artinya terdapat perbedaan yang signifikan dan dari hasil analisis data melalui n-gain, media pembelajaran berbasis wordwall mendapatkan nilai 58.0347%, artinya penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall cukup efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Wordwall; Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Islam
Islam Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salsa Nur Fadillah
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:30
Last Modified: 15 Jul 2024 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91564

Actions (login required)

View Item View Item