Munawwaroh, Sofiatul (2024) Aktivitas media Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya sebagai Upaya Penyebaran Informasi Publik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA Diskominfo Kota Tasikmalaya sebagai lembaga pemerintah yang memiliki tugas pokok dalam penyampaian informasi publik membutuhkan media dalam kegiatan publisitas. Aktivitas media relations dilakukan oleh Diskominfo Kota Tasikmalaya sebagai upaya membangun hubungan baik dan kerja sama dengan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan media relations yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Tasikmalaya sebagai upaya dalam penyampaian informasi publik. Landasan penelitian ini yaitu konsep media relations yang dikembangkan oleh Yosal Iriantara meliputi tahapan mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menjelaskan gambaran kegiatan media relations yang dilakukan di Diskominfo sebagai upaya dalam penyampaian informasi publik. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfo Kota Tasikmalaya melakukan kegiatan media relations dalam tiga tahapan. Pertama, proses mengelola relasi dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan media massa, melakukan pemilihan dan penyusunan daftar media, membangun hubungan secara personal dengan pekerja media, serta membangun hubungan secara institusional dengan media. Membangun hubungan secara institusional dengan media dilakukan melalui berbagai kegiatan diantaranya press gathering, press tour dan press release. Kedua, proses mengembangkan jaringan dilakukan dengan membangun kolaborasi dengan organisasi profesi wartawan, bekerja sama dengan komunitas masyarakat dan membangun sinergitas dengan pegiat media sosial. Ketiga, proses implementasi strategi dilakukan dengan membangun koordinasi antara setiap OPD untuk penyebaran informasi kepada media dan melakukan strategi pengelolaan berita negatif dari media massa terhadap lembaga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Diskominfo Kota Tasikmalaya mengimplementasikan kegiatan media relations dengan melakukan berbagai kegiatan kemitraan bersama media berdasarkan konsep strategi media relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara. ENGLISH The Communication and Information Office of Tasikmalaya City, as a government agency with the primary task of disseminating public information, requires media for publicity activities. Media relations activities are carried out by Diskominfo Tasikmalaya City as an effort to build good relationships and cooperation with the media. This research aims to understand the implementation of media relations activities conducted by Diskominfo Tasikmalaya City as an effort to disseminate public information. The foundation of this research is the media relations concept developed by Yosal Iriantara, which includes the stages of managing relations, developing strategies, and expanding networks. The research paradigm used in this study is constructivism with a qualitative approach. The method used in this research is qualitative descriptive, aiming to describe the media relations activities conducted by Diskominfo as an effort to disseminate public information. The data collection process was carried out through passive participant observation, in-depth interviews, and documentation. The results of the study indicate that Diskominfo Tasikmalaya City conducts media relations activities in three stages. First, the process of managing relations is carried out by establishing partnerships with mass media, selecting and compiling a media list, building personal relationships with media workers, and establishing institutional relationships with media. Building institutional relationships with media is done through various activities, including press gatherings, press tours, and press releases. Second, the process of expanding networks is done by building collaboration with journalist professional organizations, cooperating with community groups, and establishing synergy with social media activists. Third, the process of strategy implementation is done by coordinating between each OPD (Regional Government Organization) for the dissemination of information to the media and managing negative news from mass media about the institution. The conclusion of this study is that Diskominfo Tasikmalaya City implements media relations activities by conducting various partnership activities with the media based on the media relations strategy concept proposed by Yosal Iriantara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Relations; Humas Pemerintah; Media Massa |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Administration of Economy > Administration of Communications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Sofiatul Munawwaroh |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 05:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 05:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91599 |
Actions (login required)
View Item |