Octaviani, Feby (2024) Pengelolaan media sosial Instagram @mengajardesa: Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram Lembaga Swadaya Masyarakat @mengajardesa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA Media sosial mempunyai peranan penting dalam proses penyebaran informasi pada era ini, dimana informasi yang disajikan dapat tersebar luas dalam kurun waktu yang cepat. Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang diminati oleh banyak kalangan, mulai dari yang muda hingga yang tua, yang remaja hingga dewasa, juga perempuan atau laki-laki. Kegiatan pengelolaan media sosial dimanfaatkan oleh akun instagram dengan username @mengajardesa dalam penyebaran informasinya. Pengelolaan yang dilakukan dalam kegiatan kehumasan melalui media digital tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang dapat diterima dengan baik oleh publik melalui akun instagram @mengajardesa. Penelitian ini menerapkan paradigma kontrustivistik dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana akun @mengajardesa dalam pengelolaan media sosial melalui instagram, dengan mengacu pada konsep The Circular Model of SoMe for Social Communications yang dikemukakan oleh Regina Lutrell. Terdapat empat tahapan yang dilakukan pada pengelolaan media sosial yang mengacu pada konsep ini, yaitu: membagikan (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa, pengelolaan media sosial instagram @mengajardesa selaras dengan konsep The Circular Model of SoMe dengan indikator tahap sebagi berikut: Pertama, Membagikan (share) meliputi menentukan target sasaran (participate), merumuskan konten, menyesuaikan waktu dalam membagikan konten, dan mencapai tujuan branding. Kedua, Mengoptimalkan (optimize) meliputi penentuan jadwal dan informasi yang dibutuhkan target sasaran (listen and learn). Ketiga, Mengelola (manage) meliputi teknik penyebaran informasi, media monitoring, dan evaluasi. Keempat, Melibatkan (engage) meliputi reposting, collab post, dan brand ambassador. ENGLISH Social media has an important role in the process of disseminating information in this era, where the information presented can be widely spread in a fast period of time. Instagram is one of the social media platforms that is in demand by many people, ranging from young to old, teenagers to adults, as well as women or men. Social media management activities are used by Instagram accounts with @mengajardesa usernames in disseminating information. The management carried out in public relations activities through digital media is expected to provide information that can be well received by the public through the @mengajardesa Instagram account. This research applies the contrustivistic paradigm with a qualitative approach. The research method used is a qualitative descriptive study through data collection techniques, namely interviews, observations, and documentation studies. This study aims to describe how accounts @mengajardesa in managing social media through Instagram, by referring to the concept of The Circular Model of SoMe for Social Communications proposed by Regina Lutrell. There are four stages carried out in social media management that refer to this concept, namely: share, optimize, manage, and engage. The results of this study show that the management of Instagram social media @mengajardesa in line with the concept of The Circular Model of SoMe with the following stage indicators: First, sharing includes determining target targets (participate), formulating content, adjusting the time in sharing content, and achieving branding goals. Second, optimizing includes determining the schedule and information needed by the target (listen and learn). Third, manage includes information dissemination techniques, media monitoring, and evaluation. Fourth, Engage includes reposting, collab posts, and brand ambassadors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial; Gerakan Mengajar Desa; The Circular Model of SoMe |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Feby Octaviani |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:25 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91617 |
Actions (login required)
View Item |