Marwa, Arrumy (2024) Strategi dakwah Ahmad Zainuddin Al-Banjary pada akun media sosial Instagram @RifqanTV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI ARRUMY.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ARRUMY MARWA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ARRUMY MARWA.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
Abstract
Kehadiran media khususnya media komunikasi internet banyak dimanfaatkan oleh para aktivis dalam kegiatan dakwahnya. Dakwah tidak hanya dilakukan secara langsung melalui mimbar, saat ini dakwah juga dilakukan di media sosial. Salah satu aktivis dakwah yang menggunakan media sosial sebagai media dakwah yaitu Ahmad Zainuddin Al Banjary melalui instagram dengan akun bernama @Rifqantv. Akun Instagram @rifqantv ini menyampaikan banyak. Pesan dakwah yang memotivasi, memberi nasihat persoalan yang mebdasar seperti keyakinan, aqidah, akhlak juga syariat. Tujuan penelitian ini untuk strategi dakwah Ahmad Zainuddin Al Banjary pada akun media sosial instagram @rifqantv dengan pendekatan sentimentil, rasional dan juga indrawi. Teori yang digunakan yaitu teori strategi dakwah Al Bayanuni yang lebih menekankan pada unsur pendekatan dakwah sentimentil, pendekatan dakwah rasional dan juga pendekatan dakwah indrawi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk menganalisis strategi dakwah yang dilakukan Ahmad Zainuddin Al-Banjary pada akun media sosial instagram @rifqantv. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akun Instagram @rifqantv menghasilkan materi dakwah yang menekankan pada aspek emosional, kekeluargaan, kasih sayang, serta penggunaan kisah kisah yang membangkitkan perasaan pengikutnya sebgai bentuk strategi sentimentil. Pendekatan yang didasarkan logika dan argumentasi yang kuat, seperti penjelasan ayat-ayat Al- Quran, Hadis, atau argumen-argumen ilmiah yang relavan dengan konteks yang dibahas sebagai bentuk strategi rasional. Selain itu, akun ini juga memilih untuk mengangkat topik kontroversial sebagai bagian dari strategi yang logis dan terencana serta menunjukkan keteladanan melalui konten-konten yang diposting dengan pengemasan konten dalam bentuk video, audio, dan poster sebagai bentuk strategi indrawi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah; Instagram; Media Sosial; Strategi |
Subjects: | Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | awa marwa Arrumy Marwa |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:44 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91625 |
Actions (login required)
View Item |