Pengaruh metode Practice Rehearsal Pairs terhadap Keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di Kelas V MI Bungursari

Haulah, Sofa Sofiah (2024) Pengaruh metode Practice Rehearsal Pairs terhadap Keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di Kelas V MI Bungursari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara terutama dalam pembelajaran bahasa Arab. Banyaknya peserta didik yang nilai nya masih dibawah KKM yaitu dibawah 75. Hal ini disebabkan dari beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya pemiliham metode pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara siswa sehingga untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab peneliti menggunakan metode practice rehearsal pairs dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V dengan menggunakan metode practice rehearsal pairs di kelas eksperimen (2) Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V dengan menggunakan metode ceramah di kelas kontrol (3) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas V setelah menggunakan metode practice rehearsal pairs (4) Perbedaan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V yang menggunakan metode practice rehearsal pairs dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Metode practice rehearsal pairs merupakan metode praktik berpasangan, dengan metode ini siswa yang memiliki kemampuan rendah mereka dapat saling bekerja sama untuk mempraktekan tugas atau materi yang diberikan oleh guru. Metode ini juga dapat meningkatkan keakraban dan untuk memudahkan dalam mempelajari materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode practice rehearsal pairs, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V-A dan V-B di MI Bungursari. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen 21 orang dan kelas kontrol berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pretest di kelas eksperimen memperoleh nilai 70,76 berada pada kategori cukup hingga posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,52 berada pada kateori baik. Sedangkan hasil pretest di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,85 berada pada kategori cukup hingga posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,71 berada pada kategori cukup. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil N-Gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,34 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,06 berada pada kategori rendah. Maka terdapat perbedaan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji Mann-Whitney. Dari hasil uji Mann-Whitney tersebut menunjukan nilai asymp.sig. sebesar 0,000 yang berarti ˂0,05 menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Maka terdapat perbedaan diantara nilai rata-rata peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa yang menggunakan metode practice rehearsal pairs dengan siswa yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Practice Rehearsal Pairs; Metode Ceramah; Keterampilan Berbicara
Subjects: Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sofa Sofiah Haulah
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:52
Last Modified: 15 Jul 2024 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91730

Actions (login required)

View Item View Item