Penggunaan media pembelajaran berbasis Etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung dalam upaya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa

Shafa, Nabilah Siti Nurul (2024) Penggunaan media pembelajaran berbasis Etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung dalam upaya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis dalam penyelesaian permasalahan matematika. Studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa SMP IT Mandiri Bersemi menunjukkan bahwa diperlukan suatu upaya peningkatan kemampuan representasi matematis. Sehingga, melalui penelitian ini dilakukan pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung sebagai upaya peningkatan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung lebih baik jika dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional; (b) sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Mandiri Bersemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar budaya Bumi Ageung lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6247 dan kelas kontrol sebesar 0,3688 dengan kategori sedang; (b) siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung menunjukkan sikap yang positif dengan persentase keseluruhan sebesar 82%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi matematis; media pembelajaran; etnomatematika; Cagar Budaya Bumi Ageung;
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilah Siti Nurul Shafa
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:01
Last Modified: 15 Jul 2024 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91768

Actions (login required)

View Item View Item