Shafa, Nabilah Siti Nurul (2024) Penggunaan media pembelajaran berbasis Etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung dalam upaya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis dalam penyelesaian permasalahan matematika. Studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa SMP IT Mandiri Bersemi menunjukkan bahwa diperlukan suatu upaya peningkatan kemampuan representasi matematis. Sehingga, melalui penelitian ini dilakukan pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung sebagai upaya peningkatan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung lebih baik jika dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional; (b) sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Mandiri Bersemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar budaya Bumi Ageung lebih baik dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6247 dan kelas kontrol sebesar 0,3688 dengan kategori sedang; (b) siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis etnomatematika Cagar Budaya Bumi Ageung menunjukkan sikap yang positif dengan persentase keseluruhan sebesar 82%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan representasi matematis; media pembelajaran; etnomatematika; Cagar Budaya Bumi Ageung; |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nabilah Siti Nurul Shafa |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:01 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91768 |
Actions (login required)
View Item |