Strategipemberitaan media dalam menghadapi persaingan media online; Studi deskriptif pada media online ‘Harian Haluan’ di Padang

Mariyam, Siti (2024) Strategipemberitaan media dalam menghadapi persaingan media online; Studi deskriptif pada media online ‘Harian Haluan’ di Padang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bAB 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang kian pesat, menuntut media terus meningkatkan kualitasnya agar dapat mengimbangi kemajuan zaman. Faktor ini berdampak pada perubahan praktek jurnalistik yang mengharuskan sebuah media merubah cara kerja, produksi konten, dan struktur organisasi media. Hal ini pun yang dilakukan oleh media Harian Haluan, dengan melakukan inovasi beralih ke media online. Harian Haluan merupakan salah satu media senior di Indonesia, sebagai salah satu dari sembilan koran tertua di Indonesia yang lahir pasca kemerdekaan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media Harian Haluan menghadapi ketatnya persaingan di tengah banyaknya media online yang terus bermunculan dengan menggunakan teori Difusi Inovasi milik Everett M. Rogers yang menjelaskan bagaimana ide, produk, atau praktik baru menyebar dalam masyarakat melalui berbagai tahapan. Dimana tahapan tersebut yakni keunggulan relatif, kemudahan penggunaan, kesesuaian, keterlihatan, dan kompatibilitas.Teori ini dapat membantu dalam memahami bagaimana berita atau informasi mudah diterima oleh masyarakat. Hal ini memiliki relevansi dengan strategi pemberitaan suatu media. Pendekatan pada penelitian ini memakai pendekatan kualitatif untuk menjabarkan jawaban dari fokus penelitian secara deskriptif. Maka metode yang digunakan pada penelitian ini pun metode deskriptif, di mana nantinya hasil dari penelitian akan dijabarkan secara keseluruhan untuk memperjelas topik penelitian yang saling berkaitan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberitaan dari media Harian Haluan dilakukan dengan baik dan bertahap sesuai dengan teori Difusi Inovasi. Dimulai dari tahapan keunggulan relatif dengan menyoroti manfaat atau nilai tambah dari berita yang mereka sampaikan. Selanjutnya kemudahan penggunaan terlihat pada sistem web yang dijalankannya, agar pembaca dapat mudah mengakses serta membaca berita di web Harian Haluan. Kemudian tahap kesesuaian terlihat pada tampilan halaman web yang interaktif memberikan ruang interaksi bagi khalayak untuk memberikan tanggapan, komentar, atau feedback terhadap berita baru yang dipublikasikan. Tahap keterlihatan, Harian Haluan mengoptimalkan keterlihatan pada mesin pencari google. Terakhir tahapan kompatibilitas yang dimana Harian Haluan memiliki penyesuaian format berupa kaidah atau prinsip yang dipegangnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: difusi inovasi; media online; konvergensi media; strategi pemberitaan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siti Mariyam
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:35
Last Modified: 15 Jul 2024 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91776

Actions (login required)

View Item View Item