Septiani, Dhifa (2024) Implementasi fungsi manajemen masjid dalam meningkatkan kinerja pelayanan jamaah Masjid : Studi deskriptif kualitatif di Masjid Pusdai Kota Bandung. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan jamaah masjid dapat diartikan sebagai program yang ditujukan untuk membantu individu atau kelompok yang mengalami hambatan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Fungsi utamanya yaitu untuk melindungi, memelihara dan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan masjid dari kepengurusan kepada jamaah nya. Demikian dapat didefinisikan bahwa pelayanan jamaah masjid menciptakan pelayanan yang nyaman untuk jamaah Masjid Pusdai lalu mendapatkan respon yang baik. Tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan pada masjid menggunakan ini bertujuan meningkatkan kinerja kepengurusan pelayanan jamaah masjid di Masjid Pusdai Kota Bandung. Kemudian untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana mereka mencari jalan keluar dalam permasalahan tersebut. Teori yang digunakan penelitian ini teori fungsi manajemen menurut Henry Fayol memiliki empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dibutuhkan di Masjid Pusdai Kota Bandung. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan kinerja pelayanan jamaah masjid. Adapun penerapan fungsi perencanaan Masjid Pusdai memiliki cara sebelum membuat suatu rencana kepadanya dengan cara melihat studi kelayakan program yang nantinya akan dilihat layak atau tidak meneruskan suatu program tersebut. Pengorganisasian memiliki cara tersendiri dalam memilih karyawan seperti membarter seseorang atau memasukan karyawan baru ke bidang tersebut lalu dilihat sekitar 2-3 minggu bekerja semisalnya karyawan itu layak akan ditetapkan dibidang tersebut. Pengarahan seperti atasan yang memberikan motivasi kerja kepada karyawan, ditetapkan pekerjaan kepada karyawan tetapi sudah ditetapkan nya orang tersebut tidak menguasai pekerjaannya maka dalam pekerjaan akan dibantu dengan karyawan lainnya. Pengawasan menunjukan koordinasi yang baik dan alokasi sumber daya manusia yang optimal dan bisa terlihat terlaksananya suatu program yang sudah direncanakan sebelumnya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fungsi Manajemen Masjid; Masjid Pusdai; Pelayanan |
Subjects: | Islam > God Islam > Mosques Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Dhifa Septiani Nurdin |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91797 |
Actions (login required)
View Item |