Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Usaha dan Energi

Fasha, Ridhan Azhar Nawaf (2024) Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis etnosains pada materi usaha dan energi. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen melalui rancangan non-equivalent control group. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas berisi 36 orang. Instrument penelitian berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrument kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. hasil penelitian menunjukan presentase keterlaksanaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains sebesar 75,7% dan rata-rata N-gain sebesar 0,63 dalam kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung 31,18 > ttabel 2,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS); Etnosains; Kemampuan Pemecahan Masalah; Usaha dan Energi
Subjects: Education, Research
Science and Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ridhan Azhar Nawaf Fasha
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:51
Last Modified: 18 Jul 2024 07:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91821

Actions (login required)

View Item View Item