Fasha, Ridhan Azhar Nawaf (2024) Penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis etnosains pada materi usaha dan energi. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen melalui rancangan non-equivalent control group. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas berisi 36 orang. Instrument penelitian berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrument kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan perhitungan SAS, N-Gain, dan uji t. hasil penelitian menunjukan presentase keterlaksanaan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains sebesar 75,7% dan rata-rata N-gain sebesar 0,63 dalam kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung 31,18 > ttabel 2,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) berbasis Etnosains pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS); Etnosains; Kemampuan Pemecahan Masalah; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education, Research Science and Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ridhan Azhar Nawaf Fasha |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:51 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91821 |
Actions (login required)
View Item |