Peningkatan kemampuan berpikir geometri menggunakan media pembelajaran Etnomatematika pada gerakan pencak silat

Fauziah, Nadiya Nur (2024) Peningkatan kemampuan berpikir geometri menggunakan media pembelajaran Etnomatematika pada gerakan pencak silat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir geometri siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran etnomatematika dalam suatu pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: Peningkatan kemampuan berpikir geometri siswa menggunakan media pembelajaran etnomatematika pada gerakan pencak silat; Respon siswa terhadap pembelajaran geometri yang menggunakan media pembelajaran etnomatematika pada gerakan pencak silat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parung dengan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-8 dan kelas VII-9 dengan metode kuasi eksperimen, instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir geometri. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: Peningkatan kemampuan berpikir geometri untuk kelas yang menggunakan media pembelajaran etnomatematika pada gerakan pencak silat lebih baik daripada kelas yang menggunakan media konvensional; Hasil rata-rata respon siswa menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran etnomatematika pada gerakan pencak silat dapat diterima oleh mayoritas responden.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir geometri; media pembelajaran etnomatematika; pencak silat
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadiya Nur Fauziah
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:00
Last Modified: 16 Jul 2024 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91831

Actions (login required)

View Item View Item