Pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap kedisiplinan menghafal Al-Qur’an mahasantri: Penelitian di Asrama Kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurmaliyani, Ade (2024) Pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap kedisiplinan menghafal Al-Qur’an mahasantri: Penelitian di Asrama Kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter mahasantri di Asrama kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang masih belum optimal, hal ini disebabkan kurangnya disiplin mahasantri dalam menjalankan kegiatan Asrama, sehingga capaian hafalan mereka tergolong rendah dan seringkali tidak dapat memenuhi target yang telah ditetapkan. Hal ini dipicu dari kebiasaan mahasantri yang sering datang terlambat dan tidak hadir dalam halaqoh (setoran hafalan) dengan alasan sibuk dengan berbagai kegiatan perkuliahan. Akibatnya, mahasantri sering lupa akan tanggung jawab mereka di asrama dan mengabaikan ketentuan yang telah disepakati bersama pada awal semester ganjil. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui manajemen pendidikan karakter di Asrama kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung; (2) Mengetahui kedisiplinan menghafal Al-Qur’an mahasantri yang berada di Asrama kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung; (3) Menganalisis pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap kedisiplinan menghafal Al-Qur'an mahasantri di Asrama kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan pengukuran data skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasantri Asrama kampus III UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 64 orang. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (uji analisis regresi linier sederhana, uji signifikansi, dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan perhitungan pada: (1) Manajemen Pendidikan Karakter (X) memperoleh nilai rata-rata 3,84 termasuk dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an (Y) memperoleh nilai rata-rata 3,80 termasuk dalam kategori tinggi. (3) Pengaruh Manajemen Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an menurut hasil pengujian regresi linier sederhana diketahui bahwa setiap penambahan 1% tingkat manajemen pendidikan karakter maka terhadap kedisiplinan menghafal Al-Qur'an mahasantri akan meningkat sebesar 1,508. Selanjutnya, hasil uji parsial (uji-t) menjelaskan bahwa pengaruh kedua variabel menunjukan nilai thitung sebesar 11,275 dan ttabel 2,000 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,820 atau yang berarti 67,2% kedisiplinan menghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh Manajemen Pendidikan Karakter, sedangkan 32,8% lainnyanya masih dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asrama; Disiplin; Karakter; Mahasantri
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ade Nurmaliyani
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:14
Last Modified: 16 Jul 2024 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91833

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item