Hidayah, Febrina Nurul (2024) Strategi televisi digital dalam memproduksi program dakwah: Studi deskriptif pada Inspira TV Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarpustaka.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
Abstract
Program dakwah (Qur’an Explore, Awas Ada Setan, Jejak Iman, Kuliah Ringkas (Kulkas)) merupakan program siaran dakwah pada Inspira TV yang menitikberatkan dakwahnya pada Al-Qur’an dan Hadist Nabi Saw. Program-program dakwah ini dibuat dengan merujuk pada permasalahan kurangnya pemahaman umat islam (mad’u) terhadap nilai-nilai islam seperti yang banyak terjadi saat ini. Mayoritas individu hanya mengetahui tanpa memahami makna dari ayat Al-Qur’an dan Hadist Nabi SAW. Oleh karena itu, program-program siaran ini dirancang untuk membantu mad’u mulai dari membaca dan memahami makna Al-Qur’an dan Hadist secara mendalam dengan menggunakan metode dakwah yang berbeda di setiap program siarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi dakwah yang diterapkan oleh Inspira TV dalam setiap program-program dakwahnya. Fokus penelitian ini mencangkup tiga aspek utama, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi dari penerapan strategi dakwah tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Strategis dari Fred R.David yang digunakan sebagai kerangka acuan untuk menganalisis temuan penelitian dengan cara yang objektif dan komperhensif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan paradigma konstruktivisme. Paradigma konstruktivisme digunakan peneliti ikut dalam mengamati proses dakwah secara langsung, yang memungkinkan peneliti untuk mengembangkan, membangun, dan merangkai strategi dakwah yang di terapkan oleh Inspira TV dalam program-program siaran dakwahnya. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah reduksi, penyajian, dan verifikasi, yang bertujuan untuk mendalami interpretasi penelitian terhadap fenomena yang di amati. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, proses perencanaan dakwah dalam program-program siaran dakwah dimulai dengan mengidentifikasi tujuan, sasaran, konsep, dan metode dakwah yang akan digunakan. Kedua, tahap implementasi dan pelaksanaan dakwah terbagi menjadi tiga fase, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Ketiga, evaluasi dakwah yang meliputi analisis capaian, mengidentifikasi kendala, dan evaluasi yang lebih mendalam terhadap proses dakwah. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa program-program siaran dakwah Inspira TV memberikan pengaruh positif bagi masyarakat terutama umat muslim yang belum begitu faham nilai-nilai agama islam, hadist, dan fasih dalam membaca Al-Qur’an melalui tayangan yang dibuat menggunakan strategi dakwah sehingga hasil tayangan tersebut dapat diterima di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program dakwah; Strategi Dakwah; Inspira TV |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | febrina nurul hidayah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:10 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91953 |
Actions (login required)
View Item |