Salsabila, Frida Sela (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch pada materi Trigonometri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi membuat pembelajaran matematika menjadi semakin menarik dan dapat dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang kreatif salah satunya memanfaatkan aplikasi Scratch dalam membuat media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch yang dapat digunakan pada pembelajaran materi perbandingan trigonometri. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Research and Development (R&D), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK MVP ARS Internasional, ahli media, dan ahli materi. Hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil uji validitas memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 91,5%; 2) Hasil uji praktikalitas pada skala besar dengan persentase 93%, kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif ini dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar materi tentang trigonometri. Namun ada juga kelemahan dari aplikasi tersebut yaitu animasi yang disajikan masih terbatas dan aplikasi ini masih sedikit dikenal di dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Aplikasi Scratch; Perbandingan Trigonometri |
Subjects: | Geometry > Trigonometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Frida Sela Salsabila |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 10:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 10:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91973 |
Actions (login required)
View Item |