Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch pada materi Trigonometri

Salsabila, Frida Sela (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch pada materi Trigonometri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi membuat pembelajaran matematika menjadi semakin menarik dan dapat dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang kreatif salah satunya memanfaatkan aplikasi Scratch dalam membuat media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Scratch yang dapat digunakan pada pembelajaran materi perbandingan trigonometri. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Research and Development (R&D), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK MVP ARS Internasional, ahli media, dan ahli materi. Hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil uji validitas memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 91,5%; 2) Hasil uji praktikalitas pada skala besar dengan persentase 93%, kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif ini dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar materi tentang trigonometri. Namun ada juga kelemahan dari aplikasi tersebut yaitu animasi yang disajikan masih terbatas dan aplikasi ini masih sedikit dikenal di dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif; Aplikasi Scratch; Perbandingan Trigonometri
Subjects: Geometry > Trigonometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Frida Sela Salsabila
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:10
Last Modified: 17 Jul 2024 10:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91973

Actions (login required)

View Item View Item