Pandangan para pengguna Whatsapp Channel mengenai manfaat saluran Tribunnews.com: penelitian pada mahasiswa Jurnalistik angkatan tahun 2020

Nurhalimatussa’adiah, Siti (2024) Pandangan para pengguna Whatsapp Channel mengenai manfaat saluran Tribunnews.com: penelitian pada mahasiswa Jurnalistik angkatan tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover (1).pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak (1).pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi (1).pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

WhatsApp resmi mengumumkan kehadiran fitur baru yang diberi nama WhatsApp Channel. Fitur yang bersifat opsional ini menyajikan informasi-informasi terbaru atau breaking news dari mitra sudah bekerja sama dengan WhatsApp dan Meta. WhatsApp Channel diluncurkan sesuai dengan komitmen WhatsApp mengenai pesan siaran privat. WhatsApp Channel mendukung beragam format konten. Sama seperti percakapan pribadi, fitur baru ini menciptakan pengalaman yang lebih familiar bagi admin dan pengguna. Oleh sebab itu, konten foto, video, dokumen, dan reaksi dapat disertakan dalam WhatsApp Channel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dalam segi budaya digital ( digital culture) yang mendasari banyak pemikiran tentang bagaimana teknologi digital mempengaruhi ekspresi budaya dan identitas manusia pada fitur Whatsapp channel Tribunnews.com. Adapun penelitian ini menggunakan konsep digital culture Lev Manovic yang terdiri dari ekspresi budaya dan identitas manusia. Konsep ini digunakan karena peneliti akan mendalami pandangan serta manfaat dari saluran whatsapp channel tribunnews.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurnalistik Angkatan tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa jurnalistik tahun 2020 memanfaatkan fitur Whatsapp channel Tribunnews.com dalam membentuk ekspresi budaya mereka. Mahasiswa melihat fitur ini sebagai alat yang sangat membantu dalam mengakses berita terkini dengan cepat dan efisien. Dalam konteks pembentukan identitas, mahasiswa jurnalistik tahun 2020 menggunakan fitur-fitur WhatsApp Channel untuk tetap terhubung dengan berita terbaru, yang membantu mereka mengembangkan wawasan jurnalistik dan keterampilan analisis berita mereka. Hasil penelitian menjawab penggunaan fitur-fitur Whatsapp channel Tribunnews.com memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk identitas dan ekspresi budaya mahasiswa jurnalistik tahun 2020. Temuan ini menggambarkan peran penting teknologi digital dalam interaksi mereka dengan informasi dan partisipasi dalam budaya digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Saluran Whatsapp; Budaya Digital; Ekspresi Budaya
Subjects: General Management > Retail Channel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Siti Nurhalimatussa’adiah Ratu
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:22
Last Modified: 17 Jul 2024 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92078

Actions (login required)

View Item View Item