Implementasi Cyber Public Relations Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Instagram @disdikjabar

Purnamasari, Canisa (2024) Implementasi Cyber Public Relations Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Instagram @disdikjabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Cyber Public Relations menjadi topik kajian yang menarik di bidang Public Relations karena perkembangan teknologi digital telah mengubah cara komunikasi dan cara publik dalam berinteraksi. Cyber Public Relations juga melalui Media Sosial memungkinkan organisasi untuk interaksi dua arah, dan menemukan strategi komunikasi yang efektif dengan publiknya. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat merupakan Instansi yang memanfaatkan Media Sosial Instagram dalam praktik Cyber Public Relations. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sebagai objek penelitian tepat karena peran vitalnya dalam pendidikan, penggunaan media sosial yang aktif, tantangan komunikasi publik yang kompleks. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat juga menunjukkan inisiatif dan adaptasi yang baik terhadap perubahan tren komunikasi digital, menjadikannya model yang berharga bagi instansi lain yang ingin mengimplementasikan Cyber Public Relations. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Implementasi praktik Cyber Public Relations Dinas Pendidikan Provinsi di Media Sosial Instagram @disdikjabar yang dilakukan oleh Humas Newsroom dengan melewati empat tahap yaitu membagikan (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of Some for Social Communications yang dikemukakan ole Regina Luttrell. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui teknik observasi partisipasi pasif serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi cyber public relations Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di media sosial Instagram @disdikjabar yang dilaksanakan oleh Tim Humas Newsroom tedapat empat tahapan, yaitu: 1) Membagikan (Share) Konten yang berfokus pada kegiatan partisipasi, koneksi, dan membangun kepercayaan publik; 2) Mengoptimalkan (Optimize) Pesan yang berfokus pada kegiatan visual konten yang menarik, verbal atau gaya bahasa yang sopan tetapi santai, serta menyediakan konten yang lengkap dan beragam sesuai kebutuhan dan preferensi masyarakat modern 3) Mengelola (Manage) Informasi yang berfokus pada kegiatan media monitoring mandiri melalui Insight Instagram dan pada kegiatan rapat evaluasi rutinan, dan 4) Melibatkan (Engage) Publik yang berfokus pada menjalankan strategi interaksi publik dan pembuatan konten Instagram. Cyber Public Relations is an interesting topic in Public Relations because digital technology has changed how we communicate and interact. Social media allows organizations to engage with the public and find effective communication strategies. The West Java Provincial Education Office uses Instagram for its Cyber Public Relations activities. This office is a great research subject because of its important role in education, active social media presence, and complex public communication challenges. They also show good initiative and adaptation to new communication trends, making them a valuable example for other institutions. This study aims to understand how the West Java Provincial Education Office implementation Cyber Public Relations on Instagram @disdikjabar through four stages: sharing, optimizing, managing, and engaging. The study uses the Circular Model of Some for Social Communications by Regina Luttrell. This research uses a qualitative approach with descriptive methods and a constructivist paradigm. Data were collected through passive observation and in-depth interviews. The results show that the Public Relations Newsroom Team at the West Java Provincial Education Office follows four stages in implementing Cyber Public Relations on Instagram @disdikjabar: 1) Sharing content, focusing on participation, connection, and building public trust; 2) Optimizing messages, focusing on attractive visual content, a polite yet casual verbal style, and providing complete and diverse content to meet the public's needs and preferences; 3) Managing information, focusing on independent media monitoring through Instagram Insights and regular evaluation meetings; and 4) Engaging the public, focusing on public interaction strategies and creating engaging Instagram content.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations; Social media; Instagram
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Canisa Purnamasari
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:07
Last Modified: 19 Jul 2024 09:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92135

Actions (login required)

View Item View Item