Hubungan kualitas penggunaan metode Bermain Peran Makro dengan kemampuan sosial emosional Anak Usia Dini di kelompok B RA Al Misbah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Nuraziani, Nadia (2024) Hubungan kualitas penggunaan metode Bermain Peran Makro dengan kemampuan sosial emosional Anak Usia Dini di kelompok B RA Al Misbah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini, terjadi pada suatu fenomena yang terjadi di RA Al-Misbah yaitu terdapat pada kelompok B di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Terdapat beberapa anak yang belum bersosialisasi dan memiliki rasa kurang percaya diri saat tampil di depan kelas, dan tidak berani menyampaikan pendapatnya didepan kelas. Setelah dilakukan observasi dan wawancara dengan beberapa anak ternyata masih ada anak yang belum berkembang dengan sesuai perkembangan pada umumnya. Hal ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak dengan rasa tidak percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kualitas menggunakan metode bermain peran makro di kelompok B RA Al-Misbah kecamatan bojongsoang kabupaten bandung 2) kemampuan perkembangan sosial emosional anak usia dini di kelompok B RA Al-Misbah kecamatan bojongsoang kabupaten bandung dan 3) Hubungan kualitas menggunaan metode bermain peran makro dengan kemampuan sosial emosional anak usia dini di RA Al-Misbah kecamatan bojongsoang kabupaten bandung. Peneliti mengambil indikator variable X bermain peran adalah salah satu bentuk pembelajaran, dimana peserta didik ikut terlibat aktif memainkan peran-peran tertentu. Variable Y sosial emosional anak dalam pedoman STTPA Nol. 137 tahun 2014, berdasarkan teori melakukan penelitian dengan metode kesadaran diri, rasa tanggung jawab, dan perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini menggunakan metode korelasi. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun bertepatan didlam lingkup kelas B RA Al-Misbah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung terdiri dari 15 jumlah anak. Data yang diperoleh melalui observasi, dan dokumentasi dengan hasil analisis penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis parsial, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain peran makro (Variabel X ) diperoleh 82 nilai tersebut dikategorikan sangat baik karena berada pada interval 800-100. Sedangkan sosial emosional anak usia dini (Variabel Y) diperoleh hasil sebesar 82 dan nilai tersebut dikategorikan sangat baik karena berada pada interval 80-100. Diperoleh determinan korelasi sebesar 46%, dengan 36% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji signifikansi 54% diperoleh harga t_(hitung )= 4,807 > t_(tabel )= 2,160. Maka dapat diinterprestasikan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotosis nol (Ho) ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kualitas penggunaan metode bermain peran makro dengan kemampuan sosial emosional anak usia dini di kelompok B RA Al-Misbah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; bermain peran; sosial emosional
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with Other Educational Institutions
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nadia Nuraziani
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:07
Last Modified: 18 Jul 2024 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92168

Actions (login required)

View Item View Item