Srinovita, Nova (2024) Penerapan model pembelajaran Wondering, Exploring and Explaining (WEE) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang masih perlu untuk ditingkatkan didukung dari hasil studi pendahuluan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model WEE dan konvensional; (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara yang menggunakan model WEE dan konvensional; (3) mengetahui kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran WEE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan populasi peserta didik kelas IX sebanyak empat kelas di salah satu SMP swasta di Cimahi dengan dua sampel terpilih yaitu kelas IX-B dan IX-C. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep dengan kriteria validitas tinggi dan non tes angket kemandirian belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan model WEE mengalami peningkatan tinggi dan pada kelas konvensional mengalami peningkatan sedang; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang menggunakan model WEE dan konvensional; (3) kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model WEE menunjukkan sikap positif, hal ini berarti peserta didik memiliki kemandirian belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Matematis; Wondering, Exploring and Explaining (WEE); Kemandirian Belajar |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nova Srinovita |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:32 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92329 |
Actions (login required)
View Item |