Penerapan model pembelajaran Wondering, Exploring and Explaining (WEE) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar peserta didik

Srinovita, Nova (2024) Penerapan model pembelajaran Wondering, Exploring and Explaining (WEE) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang masih perlu untuk ditingkatkan didukung dari hasil studi pendahuluan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model WEE dan konvensional; (2) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara yang menggunakan model WEE dan konvensional; (3) mengetahui kemandirian belajar peserta didik yang memperoleh model pembelajaran WEE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan populasi peserta didik kelas IX sebanyak empat kelas di salah satu SMP swasta di Cimahi dengan dua sampel terpilih yaitu kelas IX-B dan IX-C. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep dengan kriteria validitas tinggi dan non tes angket kemandirian belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan model WEE mengalami peningkatan tinggi dan pada kelas konvensional mengalami peningkatan sedang; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang menggunakan model WEE dan konvensional; (3) kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model WEE menunjukkan sikap positif, hal ini berarti peserta didik memiliki kemandirian belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Matematis; Wondering, Exploring and Explaining (WEE); Kemandirian Belajar
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Srinovita
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:32
Last Modified: 22 Jul 2024 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92329

Actions (login required)

View Item View Item