Penerapan metode maqdis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Tahfidz: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi Bandung

Afifah, Zahra Nur (2023) Penerapan metode maqdis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Tahfidz: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi Bandung. Hal ini disebabkan oleh kemampuan membaca dan menghafal siswa masih rendah karena dalam membaca huruf Hijaiyah kurang tepat dalam pelafalan setiap ayat dalam Al-Qur’an, kemampuan membaca Al-Qur’an yang rendah dikarenakan faktor eksternal pada siswa dan mengakibatkan siswa jarang membaca Al-Qur’an, pembelajaran tahfidz diperlukan adanya metode yang berinovasi agar siswa dapat menghafalkan Al-Qur’an dengan baik dan tartil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1) Penerapan metode Maqdis, 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Maqdis, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode Maqdis. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dapat ditingkatkan oleh penerapan berbagai metode pembelajaran, antara lain metode Maqdis. Metode Maqdis adalah metode tahsin yang berfokus untuk memperbaiki kesalahan dalam membaca Al-Qur’an dengan memberikan materi cara membaca mad, ghunnah, qolqolah dan harakat. Siswa diberikan contoh untuk membaca nya mengenai pembahasan tersebut. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu penerapan metode Maqdis dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Tahfidz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Tenik pengumpulan data dilakukan melaui: tes lisan, observasi, wawancara, studi pustaka. Adapun teknik analisis data melalui: Statistik deskriptif, uji normalitas data, uji hipotesis (paired sample t test), uji homogenitas data dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Maqdis dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan tahapan yang direncanakan. Siswa mampu memahami materi mengenai metode Maqdis terkait bacaan Mad , Ghunnah, qolqolah dan harakat dengan benar. 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Maqdis meningkat dilihat dari hasil pengujian hasil pretest dan posttest serta adanya pengaruh ketika menggunakan metode Maqdis. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah dilakukan penerapan metode Maqdis berada pada kategori yang sedang. 3) Faktor pendukung dalam menerapkan metode Maqdis siswa mampu untuk memahami materi yang disampaikan mengenai mad, ghunnah dan qalqalah dan siswa mampu untuk mencontohkan cara membaca Al-Qur’an menggunakan metode Maqdis, sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan metode Maqdis fasilitas yang terdapat di sekolah tidak mendukung karena pada penelitian ini memerlukan penyampaian tambahan melalui audio dan adanya siswa yang tidak memenuhi syarat dalam pengambilan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; maqdis; Kemampuan membaca Al-Qur'an
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahra Nur Afifah
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:14
Last Modified: 19 Jul 2024 08:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92337

Actions (login required)

View Item View Item