Amaliyah, Kholishotul (2024) Manajemen program ekstrakurikuler bidang broadcasting berbasis nilai-nilai islami: Studi penelitian di SMA Mekar Arum dan MA Azzakiyyah Cileunyi Kabupaten Bandung). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (627kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya manajemen program ekstrakurikuler di SMA Mekar Arum dan MA Azzakiyyah Cileunyi, Kabupaten Bandung. Dalam konteks pendidikan modern, program ekstrakurikuler berperan penting dalam mengembangkan potensi siswa di luar kurikulum formal. Namun, penerapan nilai-nilai Islami dalam manajemen program masih kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana manajemen program ekstrakurikuler dapat dilakukan secara efektif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen dari Richard L. Daft yang mencakup empat fungsi utama: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan beberapa tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program ekstrakurikuler bidang broadcasting berbasis nilai-nilai Islami di SMA Mekar Arum dan MA Azzakiyyah dalam perencanaan belum optimal dengan koordinasi yang lemah, pengorganisasian mengalami alokasi sumber daya yang tidak merata dan komunikasi yang kurang efektif, pelaksanaan menghadapi motivasi yang terjaga namun keputusan yang kurang analitis, dan evaluasi rutin tetapi kurangnya alat ukur dan standar evaluasi yang jelas menghambat peningkatan kinerja. Meskipun demikian, madrasah mampu menunjukan kemajuan melalui inovasi dalam melakukan perbaikan di semua aspek manajemen untuk mencapai kinerja yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekstrakurikuler; broadcasting; nilai islami |
Subjects: | Education General Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kholishotul Amaliyah |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92370 |
Actions (login required)
View Item |