Pengaruh budaya disiplin terhadap peningkatan karakter religius di kelas V MI Zainul Millah Kabupaten Sumedang

Holillah, Rina Siti (2024) Pengaruh budaya disiplin terhadap peningkatan karakter religius di kelas V MI Zainul Millah Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB V)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di sekolah MI Zainul Milah, berdasarkan dari hasil wawancara waktu penelitian dan observasi menunjukkan bahwa budaya disiplin peserta didik sangat kurang. Hal tersebut dilihat dari beberapa faktor internal maupun eksternal yang memengaruhi peserta didik tidak disiplin, dari 20 peserta didik yang selalu mentaati peraturan sekolah dan memiliki skor disiplin tinggi hanya 6 orang (30%) dan peserta didik lainnya melanggar tata tertib yang telah dibuat sekolah. Tujuan penelitian yang peneliti rumuskan adalah 1) Untuk mengetahui budaya disiplin peserta didik kelas V MI Zainul Millah Kabupaten Sumedang, 2) Untuk mengetahui karakter religius peserta didik kelas V MI Zainul Millah Kabupaten Sumedang, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya disiplin dengan karakter religius peserta didik kelas V MI Zainul Millah Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasari dengan pemikiran bahwa jika seseorang memiliki budaya disiplin yang tinggi maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga bisa memengaruhi peningkatan karakter religius seseorang. Hal ini membuat peneliti ingin meneliti apakah benar bahwa seseorang yang memiliki budaya disiplin tinggi dapat berpengaruh terhadap peningkatan karakter religius yang dimilikinya. Penelitian ini diperoleh dari 26 orang responden dengan metode yang digunakan berupa kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi, dan Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan inferensial, yang mencakup, 1) uji normalitas, 2) uji linearitas, 3) Uji Hipotesis Secara Parsial (Uji t) dan 4) uji korelasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa kedua variabel dinyatakan berdistribusi normal, kedua variabel dinyatakan linear,lalu kedua variabel saling berpengaruh dan memiliki hubungan. Hasil dari perolehan budaya disiplin ada pada kategori tinggi dan karakter religius ada pada kriteria sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel tersebut dengan memperoleh nilai Thitung 4.429 > Ttabel 0,388 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Maka 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H1 ditolak artinya terdapat pengaruh budaya disiplin terhadap karakter religius peserta didik kelas V MI Zainul Millah Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya disiplin; Karakter religius
Subjects: Islam > Specific Moral Issues
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rina Siti Holillah
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:22
Last Modified: 23 Jul 2024 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92459

Actions (login required)

View Item View Item