Determinasi keputusan generasi Z dalam mendaftar haji diusia muda: Studi kuantitatif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Fauziah, Rina Rahma (2024) Determinasi keputusan generasi Z dalam mendaftar haji diusia muda: Studi kuantitatif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya partisipasi generasi Z dalam mendaftar haji, serta waiting list yang panjang membuat penyelenggaraan haji di Indonesia setiap tahun didominasi oleh jemaah haji lansia. Haji merupakan ibadah yang membutuhkan kekuatan dan tenaga yang optimal dalam pelaksanaannya, maka dari itu sangat dianjurkan melaksanakan ibadah haji selagi muda agar pelaksanaannya lebih maksimal. Selain itu, besarnya biaya haji menjadi bahan pertimbangan bagi generasi Z serta mendorong mereka untuk merencanakan ibadah haji sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor sosial dan faktor ekonomi terhadap keputusan generasi Z dalam mendaftar haji diusia muda secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan teori behavioral decision theory yaitu teori keputusan prilaku yang berkaitan dengan proses seseorang dalam mengambil keputusan. Penggunaan teori keputusan prilaku dalam penelitian ini akan membahas tentang pengaruh faktor sosial dan faktor ekonomi terhadap keputusan. Penelitian ini menggunakan paradigma positivime dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) tahun 2023 periode ganjil. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 132 responden yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling yaitu metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket. Skala pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisiensi determinasi R^2, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji T) menggunakan alat bantu software SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh faktor sosial dan faktor ekonomi terhadap keputusan generasi Z secara parsial, dilihat dari hasil analisis faktor sosial t_hitung>t_tabel dengan nilai 9,260>1,657, serta hasil analisis faktor ekonomi t_hitung>t_tabel dengan nilai 5,393>1,657. Selain itu, faktor ekonomi dan faktor sosial berpengaruh secara simultan terhadap keputusan yang dibuktikan dengan hasil uji simultan sebesar: f_hitung 128.370>f_tabel 3,07. Hasil analisis koefisiensi determinasi faktor sosial sebesar 0,451 (45%), faktor ekonomi sebesar 0.301 atau (30%). Sedangkan analisis koefisiensi determinasi dari kedua faktor tersebut sebesar 0,666 atau 66%. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor sosial dan faktor ekonomi memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan generasi Z dalam mendaftar haji diusia muda dengan pengaruh sebesar 66%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Determinasi; Faktor Ekonomi; Faktor Sosial; Generasi Z; Haji Diusia Muda; Keputusan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Umrah
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Rina Rahma Fauziah
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:07
Last Modified: 30 Jul 2024 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92576

Actions (login required)

View Item View Item